Harapan Bupati: Hasil Musrenbang Kota Juang Harus Prioritas Pembangunan di Gampong

author photoM. Sulaiman
8 Feb 2022 - 01:22 WIB

BIREUEN- Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, bertujuan untuk mendengar, masukan prioritas kegiatan dari Desa serta menyepakati kegiatan lintas sektor gampong di masing-masing kecamatan sebagai dasar penyusunan rencana kerja SKPD Kabupaten pada tahun 2023. Pada kegiatan tersebut, turut dihadiri Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, S.H., M.Si


Musrenbang Kecamatan Kota Juang Tahun 2022 Untuk Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Bireuen Tahun 2023 berlangsung di Aula Setdakab Lama Senin 7 Februari 2021.


Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan yang merupakan suatu forum musyawarah yang dilakukan oleh stakeholders atau pemangku kepentingan yang berada di kecamatan guna untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari gampong serta menyepakati berbagai kegiatan di lintas sektor gampong di masing-masing kecamatan sebagai dasar penyusunan rencana kerja SKPD Kabupaten Bireuen tahun 2023 yang akan datang.
Adapun beberapa prioritas utama yang dibahas dalam Musrenbang kecamatan Kota Juang, sesuai dengan tema Musrenbang tahun 2022 dalam perencanaan pembangunan Infrastruktur tahun 2023, "Pembangunan yang Berkelanjutan dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur dan Peningkatan SDM serta Daya Saing Daerah."


Kesepakatan prioritas pembangunan kecamatan juga dapat mengacu pada isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Bireuen. Isu-isu strategis ini penting untuk kita maknai, hal ini dikarenakan isu strategis ini adalah kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau dikedepankan dalam perencanaan pembangunan daerah, karena dampaknya yang signifikan bagi daerah dengan karakteristik bersifat penting, mendasar, mendesak, berjangka panjang, dan menentukan tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah dimasa yang akan datang.


Dikatakan. Bupati Bireuen Dr H. Muzakkar A. Gani., SH. M.Si dalam sambutannya, berharap Musrenbang di tingkat Kecamatan ini dapat diselengga rakan untuk membahas dan menyepa kati hasil-hasil Musrenbang dari tingkat gampong yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.


"Bupati Muzakkar, kita harapkan dapat membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercantum dalam prioritas kegiatan pembangunan gampong, serta dapat melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi SKPD Kabupaten." Harap Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani.
Sebelumnya, Camat Kecamatan Kota Juang Musni Syahputra, S.IP,M.Ec.Dev
menyampaikan dalam laporannya, menyebut Musrenbang tingkat kecamatan yang diikuti 100 orang peserta dari 23 Desa dalam wilayah Kecamatan Kota Juang meliputi Keuchiek,Peutuha Peut, tokoh Masyarakat Tokoh Agama dan Tokoh perempuan.


Dijelaskan Musrenbang Kecamatan merupakan tahapan dari kelanjutan musrenbang pada tingkat desa dan Pra Musrenbang Kecamatan yang dihadiri para Keuchiek (kepala desa), Peutuha Tuha Peut (DPD), tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat kecamatan.


Dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjaring berbagai aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Gampong Gampong," Ungkap Camat Musni dalam Laporannya.(MS)
KOMENTAR