Aktivis HAM Desak Pemerintah Santuni Keluarga Nelayan Aceh Timur Yang Ditangkap di Thailand

author photoM. Sulaiman
2 Feb 2022 - 00:53 WIB

ACEH TIMUR- Kordinator Front Anti Kejahatan Sosial (FAKSI) Aceh, Ronny Hariyanto, mendesak pemerintah segera mengupayakan pembebasan sejumlah nelayan asal Aceh Timur, yang ditangkap pihak keamanan Thailand beberapa hari lalu.


Aktivis HAM itu, meminta pemerintah segera menyantuni sepenuhnya keluarga para nelayan yang ditinggalkan.


" Kita mendesak semua pihak terkait mengupayakan pembebasan para nelayan tersebut, dan menyantuni keluarga mereka sepenuhnya," kata Ronny, Selasa 1 Februari 2022.
  

Selain itu, Ronny juga mengingatkan pihak perusahaan atau pemilik bot yang ditangkap, agar segera membantu memenuhi kebutuhan keluarga para nelayan selama mereka ditahan.


" Kita minta toke botnya membantu kebutuhan keluarga ABK, terutama kebutuhan anak-anak yang mereka tinggalkan, kasihan mereka, tentunya selama ditahan, keluarga mereka kehilangan tumpuan harapan ekonomi," ujar Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Aceh itu.


Dia berharap dalam waktu dekat kedepannya, setiap nelayan atau ABK di Aceh Timur, dibekali asuransi yang diperlukan layaknya pekerja di sebuah perusahaan resmi, sebagai jaminan sosial bagi para nelayan beserta keluarganya.


" Semoga dalam waktu dekat kedepan nya semua nelayan Aceh Timur sudah diasuransikan, jadi mereka ada jaminan sosial sepenuhnya, bila pun terjadi yang tidak kita inginkan, setidaknya keluarga mereka sudah dapat memanfaatkannya, teknisnya tentu pemerintah dan pengusaha bot yang lebih paham, kami akan kawal ini sampai terwujud nantinya," minta Alumni Universitas Ekasakti itu.(Red)
KOMENTAR