Sekian Lama Mengambang, Akhirnya Ketua DPD-KNPI Bireuen Dilantik

author photoM. Sulaiman
16 Jan 2022 - 20:13 WIB

REUEN-Dari sekian lama mengambang usai pemilihan ketua DPD-KNPI Kabupaten Bireuen, akhirnya dilantik oleh DPW-KNPI Provinsi Aceh, masa Periode 2021-2024, acara berlansung di halaman Pendopo Bupati Bireuen Sabtu 15 Januari 2022 malam.


Pada acara pelantikan ketua dan Pengurus DPD-KNPI Bireuen, turut dihadiri Bupati Bireuen. Dr. H Muzakkar A. Gani, SH,. M. Si dan Ketua DPRK Bireuen. Rusyidi Mukhtar. S. Sos dan salah satu Ulama Kharismatik Aceh Tgk H. M. Yusuf A. Wahab, yang sering disapa Tusop, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan, OKP, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.


Namun Pada Jumat dan Sabtu 9-10-4-2021 lalu, KNPI Bireuen melakukan Pelaksanaan Musda ke-V dengan agenda utama pelihan ketua, acara digelar di Aula SMAN 2 Cot Gapu, selesai dilaksanakan. Sementara pada sesi pemilihan tersebut, muncul dan telah mendaftar dua calon untuk maju sebagai ketua KNPI Bireuen, diantaranya. Muammar Khadafi, SPdl yang saat ini masih menjabat sebagai Keuchiek Desa Blang Mee Kecamatan Kutablang. Sedangkan Calon kedua yaitu Rahmat, S.Sos MAP, salah seorang Dosen Fisip Umuslim.


Sebelumnya. pada Minggu 11-04-3021 kepada Wartawan dikatakan Sekretaris Panitia Musda, Hendri Suheri, SE, peserta rapat menyepakati dua orang sebagai calon ketua untuk menggantikan Asnawi yang sudah habis masa jabatan.Pemilihan calon ketua KNPI Bireuen tersebut, ungkap Hendri Suheri,  diusul para peserta rapat agar dapat dilakukan dua kali, atas kesepakatan  peserta rapat maka dilakukan pemilihan yang berlangsung mulai pukul 21.00 WIB dan berakhir sekira pukul 24.00 WIB, Sabtu (10/04/2021). 


Pada sesi pemilihan pèrtama, Muammar Khadafi memperoles 26 suara, sedangkan Rahmat memperoleh 20 suara. Dan setelah hasil pemilihàn tersebut, disepakati peserta rapat melanjutkan pemilihan putaran kedua. Namun, di putaran kedua, Muammar Khadafi kembali unggul dengan mendapatkan 27 suara, sedangkan  Rahmat hanya memperoleh 18 suara, serta dua abstain. maka dengan hasil tersebut. Muammar Khadafi ditetapkan sebagai ketua KNPI Bireuen masa periode 2021-2024.


Namun walau sekian lama usai terpilih Muammar Khadafi sebagai ketua DPD-KNPI Bireuen, ia tetap tegar dalam kesabaran menunggu untuk dilantik oleh DPW KNPI Provinsi Aceh. Namun pada akhirnya Sabtu 15 Januari 2022 malam, ketua bersama Pengurus KNPI dilantik dan turut diserahkan Bendera kebanggaan mereka untuk dapat dikibarkan seluruh pelosok Desa dalam Kabupaten Bireuen.


Asnawi, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bireuen Periode 2017-2020, menyampaikan dalam sambutan terakhirnya. Ia mengucapkan selamat kepada ketua KNPI Bireuen dan Pengurus yang baru dilantik, semoga KNPI kedepan dapat berjalan dengan yang lebih baik dari sebelumnya. Dan terimakasih kepada pengurus sebelumnya yang telah mempercainya dalam menjalankan tugas di KNPI Bireuen. Dimomen terakhir Abon Asnawi juga menyebutkan, dengan terpilih dan dilantik ketua KNPI yang baru semoga dapat melahirkan generasi muda kedepan yang lebih baik lagi, selamat dan terimakasih,"Ucap Asnawi di panggung terakhirnya.


Usai acara pelantikan. Ketua Panitia Azhari S.sy  mengatakan, berkat kerjasama kawan-kawan maka semua acara pelantikan berjalan dengan sukses dan khidmat. Namun yang dilantik pada malam ini Muammar Kadafi S.Pd.I  sebagai ketua. Sudirman Ismail S.kom.Bendahara Hendri Suheri SE. Dan seluruh pengurus KNPI Bireuen.


"Acara pelantikan turut dimeriahkan oleh penyanyi populer Aceh Maimunzir, Safira Amelia, Cagok Bireuen dan tausiah dari TGK.H. M Yusuf A. Wahab" atau sering disapa Tusop.


Sementara itu, dalam sambutan Ketua DPD-KNPI Bireuen Muammar Kadafi. Menyebutkan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPD KNPI Bireuen yang telah menyukseskan acara ini dan telah mempercayakan dirinya sebagai Ketua DPD KNPI Bireuen.


"Kepercayaan dan amanah yang diberikan kawan-kawan pengurus DPD KNPI kepada dirinya, akan selalu dijaga dengan sebaik-baik mungkin sesuai dengan ketetapan yang berlaku di KNPI,"

Di samping itu Ketua DPW KNPI Aceh Wahyu Saputra, S.E menyebutkan dalam sambutan, dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen untuk dapat memperhatikan KNPI kedepan dengan baik." Perhatikan KNPI kedepannya, karena didalam KNPI terdapat para pemuda yang merupakan generasi penerus Kabupaten Bireuen kedepan yang dapat diandalkan," mintanya.


Selanjutnya beliau berharap kepada DP KNPI agar dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten maupun kecamatan, dalam setiap program kegiatan dan berharap kepada Ketua DPD-KNPI terpilih dapat mengembang kan KNPI ini kedepan dengan sebaik-baiknya,"Harapnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Bireuen. Dr H Muzakkar, A. Gani,. SH. M. Si menyebutkan dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudara sebagai DPD-KNPI Kabupaten Bireuen masa periode 2021-2024.


"Bupati Muzakkar berharap saudara-saudara mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan organisasi ini kearah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kabupaten Bireuen.

Dan untuk menumbuhkan, kembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjadikan KNPI sebagai organisasi egaliter dan bukan organisasi elit maupun eksklusif." Tegas Bupati Bireuen. Muzakkar A Gani.

"Namun diakhir acara dalam tausiyah Tusop, menyampaikannya, meharapkan pemuda Bireuen untuk pemuda-pemudi yang siap jadi agen-agen kebaikan.


"Dikarenakan dalam sejarah Islam kita tahu bersama sederetan pemuda yang menghiasi kisah-kisah kepahlawanan. Sebut saja Muhammad Al-Fatih, sang penakluk Konstantinopel, Shalahuddin Al-Ayyubi seorang ksatria gagah berani yang melawan tentara salib. Bahkan di masa Rasulullah SAW pun banyak sekali para pemuda yang menggunakan potensinya untuk membela Islam,"Harap Tusop(MS)

KOMENTAR