Bupati Aceh Utara Dampingi Mensos Serahkan Santunan Kematian untuk Korban Banjir

author photoRedaksi
11 Jan 2022 - 13:44 WIB

LHOKSUKON - Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi rumah duka korban meninggal dunia akibat bencana banjir di Kabupaten Aceh Utara, Selasa, 11 Januari 2022. Pada kesempatan itu Tri Rismaharini turut menyerahkan uang santunan untuk ahli waris sebesar Rp.30 juta untuk dua korban (masing-masing Rp.15 juta).

Prosesi penyerahan santunan tersebut dilakukan di rumah duka keluarga Teuku Andika (almarhum) di Gampong Meuria Kecamatan Matangkuli. Akibat bencana banjir di Kabupaten Aceh Utara pada awal Januari 2022 menyebabkan dua warga meninggal dunia. Yakni, Teuku Andika (10 tahun) warga Gampong Meuria Kecamatan Matangkuli, dan Hamidah (50 tahun) warga Gampong Lueng Jalo Kecamatan Pirak Timu.

Santunan diterima oleh masing-masing ahli waris. Untuk Teuku Andika (almarhum) diterima oleh Rosdewita (ibu), sedangkan santunan untuk Hamidah (almarhumah) diterima oleh anaknya Muzakir. Penyerahan santunan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini juga turut disaksikan oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf, anggota DPD RI asal Aceh Tgk Fadhil Rachmi, Lc, Kepala Dinas Sosial dan P3A Aceh Utara Fuad Mukhtar, SSos, Camat Matangkuli Edward, BA, dan sejumlah pejabat terkait jajaran Kementerian Sosial.

Selain membawa santunan dalam bentuk uang tunai, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga menyerahkan bantuan sosial dalam bentuk bahan sandang berupa pakaian, selimut, dan mukena. 

Selama bencana banjir melanda Aceh Utara, jajaran Kementerian Sosial telah menyalurkan bantuan senilai Rp.457,5 juta, dengan rincian berupa bantuan logistik sebesar Rp.232,1 juta, bahan natura senilai Rp.195,3 juta, dan santunan ahli waris untuk dua jiwa sebesar @Rp.15 juta.

Dari Jakarta, Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di Bandara Malikussaleh Aceh Utara pada pukul 11.50 WIB dijemput langsung oleh Bupati H Muhammad Thaib bersama pejabat Forkopimda Aceh Utara. Dari sana Ibu Mensos dan rombongan langsung menuju ke Gampong Meuria Kecamatan Matangkuli, dan tiba lokasi sekitar pukul 13.20 WIB.

Setiba di rumah duka, Tri Rismaharini langsung masuk ke ruang tamu dan menjumpai kedua keluarga ahli waris seraya menyampaikan turut berduka cita. Hal itu membuat haru para ahli waris, di mana dalam suasana duka langsung dikunjungi oleh seorang Menteri, yang merupakan orang Nomor 1 di jajaran Kementerian Sosial RI.

"Kami sangat terharu, kami menyampaikan terimakasih atas bantuan yang dibawa oleh Ibu Menteri. Kami juga menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas kunjungannya ke rumah kami yang sedang berduka, ini momen sangat luar biasa bagi kami," ungkap Rosdewita, ibunda dari Teuku Andika.
KOMENTAR