Terkait Pengibaran Bintang Bulan 4 Desember, Begini Respon Ketua Jasa Wilayah Batee Iliek

author photoM. Sulaiman
29 Nov 2021 - 08:36 WIB

BIREUEN - Terkait 4 Desember tahun 2021 ini, yang akan berlangsung di seluruh Provinsi Aceh. Pada tanggal 4-12/, dalam Argumentasi (Pendapat) Kami Jasa Wilayah Batee ie liek Kabupaten Bireuen, Momentum Desember tersebut, Jaringan Aneuk Syuhada Aceh, tidak berwenang untuk memberikan perintah pengibaran bendera bulan bintang dan pelarangan, karena itu hak sepenuhnya kepada Masyarakat Aceh, (Bangsa Atjeh).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Jaringan Aneuk Syuhada Aceh Wilayah Batee Iliek, (Jasa Wilayah Batee Iliek) Tgk Mauliadi, Minggu 28 November 2021. Terkait 4 Desember, perlu diluruskan dimana Bendera Bulan Bintang itu bukan lah Bendera yang Ilegal untuk di Kibarkan, karena Bendera Bulan Bintang tersebut. Sudah tertuang dalam Qanun Aceh (UUPA), juga sudah jelas disebutkan dalam Undang-Undang Pemerintahan Aceh, di pasal 1.1.5. Aceh memiliki hak untuk menggunakan simbol-simbol wilayah termasuk bendera, lambang, dan himne.

Juga di poin 1.1.4. Perbatasan Aceh merujuk pada perbatasan 1 Juli 1956.1.1.5. Aceh memiliki hak untuk menggunakan simbol-simbol wilayah termasuk bendera, lambang, dan himne.Sedangkan di Poin 1.1.6. Qanun Aceh akan disusun kembali untuk Aceh dengan menghormati tradisi sejarah dan adat istiadat rakyat Aceh serta mencerminkan kebutuhan hukum terkini di Aceh. Sebut Tgk Mauliadi.

Kita juga berharap kepada pemerintah Aceh, DPRA. Untuk segera menegaskan tentang Bendera Bulan Bintang di Provinsi Aceh, supaya Masyarakat Aceh dapat mengibarkan Bendera Bulan Bintang di seluruh pelosok Desa pada 4 Desember, supaya tidak menjadi permasalahan di kalangan Rakyat kedepan."Terang Tgk Mauliadi yang merupakan anak Alm Tgk Sulaiman Umar yang gugur dimasa Konflik Aceh.

Disisi Lain Kami Jasa Wilayah batee ie liek Berharap Komite Peralihan Aceh (KPA) untuk dapat Menjadikan 4 Desember ini sebagai Memontum di kalangan Masyarakat Aceh, juga dapat meningkatkan Ukhwah bersama, Bersatu, untuk Mengiringi dan Mengawal dapat terwujudnya Aceh dengan Damai,

Ke khususan Aceh harus dapat di nikmati seluruh Masyarakat Aceh, termasuk 4 Desember. Jaringan Aneuk Syuhada Aceh Wilayah Batee Iliek siap mengawal Milad GAM pada 4 Desember ini, untuk keberlansungan acaranya dengan sukses dan Damai, Tegas Aneuk Syuhada tersebut.(MS)
KOMENTAR