5 Unit Rumah di Dewantara Hangus Dilalap Sijago Merah

author photoRedaksi
9 Nov 2021 - 12:24 WIB

ACEH UTARA - Sebanyak 5 unit rumah milik warga di Dusun 1 Sejahtera, Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara dilalap sijago merah. Kebakaran terjadi pukul 19.25 WIB, Senin (8/11/2021).

Dari keterangan Faisal Ilyas (43) Security Ambon 2 (dua)  PT. PIM warga Dusun 3 Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, pada pukul 19.25 WIB dia sedang menjaga di pintu (dekat area kejadian), terlihat asap mengepul disertai api dari ruangan tengah salon Emon berkontruksi semi permanen. 

Tidak lama, warga seputaran melihat api telah menyala ke 3 (tiga) unit rumah berkontruksi semi permanen dan 1 (satu) unit kamar lantai 2 berkontruksi permanen.

Kemudian warga menghubungi pemadam kebakaran milik PT. PIM meminta bantuan untuk memadamkan api. Kondisi saat itu api semakin membesar merambat ke 3 (tiga) unit rumah yang berkontruksi semi permanen dan 1 unit kamar berkontruksi permanen.

Kemudian, 2 (dua) unit pemadam kebakaran dari PT. PIM tiba dilokasi dan melakukan pemadaman dari depan dan dibantu 2 (dua) unit pemadam kebakaran dari PJB tiba dilokasi untuk membantu pemadaman.

Begitupun bantuan 2 (dua) pemadam PT. Arun dan 2 (dua) unit pemadam Kota Lhokseumawe tiba untuk membantu pemadaman api dari belakang.

Menurutnya, sekitar 1 jam api dapat dipadamkan dan dilanjutkan pendinganan (cooling down), kata Faisal Ilyas Security Ambon 2 (dua)  PT. PIM.

Warga yang mengalami musibah rumah terbakar, yakni H. Sudirman (57) pekerjaan Petani, Abdul Latif (51) (rumah sewa) wiraswasta, Khairul alias Emon (50) (rumah sewa) Wiraswasta, Lukman Daud (64) petani, dan Khatijah (48) swasta (Londri), warga Dusun I Sejahtera, Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Kebakaran 5 unit rumah tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditapsirkan sekitar ratusan juta rupiah. Penyebab kebakaran sampai saat ini masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian.

Sementara, perangkat desa setempat akan mendirikan tenda darurat di lokasi parkir pintu Ambon 2 Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara untuk pengungsian sementara.
KOMENTAR