Ners Rosdiana Paparkan Bahaya Narkoba pada anggota Raider 112/DJ

author photoRedaksi
1 Okt 2021 - 21:04 WIB

BANDA ACEH - BNN Prov Aceh, Seksi Pencegahan Melalui penyuluh narkoba Ners Rosdiana SKM, S.Kep, menghadiri undangan Narasumber pada Kegiatan P4GN di Kodam IM (Batalion Infanteri Raider 112/DJ.

Acara dibuka oleh Erwin Hidamayor Inf Wadan Yonif Raider 112/ DJ, dengan harapan kepada semua anggota Raider 112/DJ untuk mengetahui bahaya narkoba sehingga tidak tergoda untuk mencoba atau bahkan menggunakannya. Kegiatan ini, peserta berjumlah 100 orang, terdiri dari Perwira, Dan Caba serta Catam.

Dilanjutkan oleh Ners Rody Mengenai Seluk Beluk Narkoba dan Dampak Buruk Bagi Kesehatan, yang Kandungan narkoba berbagai zat di dalam nya seperti gamma-hidroksibutirat dan rohypnol, dapat menimbulkan efek kebingungan dan hilang ingatan. 
Bahkan, penggunanya juga dapat mengalami gangguan koordinasi gerakan tubuh dan penurunan kesadaran.

Bahaya narkoba bukan hanya pada perilaku dan kondisi psikis penggunanya. Narkoba juga bisa membahayakan kesehatan tubuh secara umum, bahkan bisa menimbulkan gangguan yang sifatnya permanen pada beragam organ tubuh.

Berawal dari rasa penasaran dan kesenangan sesaat, banyak pengguna narkoba  yang justru terjebak dalam jeratan obat-obatan terlarang ini. Rasa kecanduan tersebut seiring waktu dapat merusak kesehatan mental dan fisik atau bahkan keselamatan diri penggunanya.

Tegas Ners Rody, jangan Coba-Coba, Inilah Bahaya Narkoba untuk Kesehatan oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui bahaya narkoba sehingga tidak tergoda untuk mencoba atau bahkan menggunakannya. 

Beragam Efek yang Muncul dari Penggunaan Narkoba Setelah digunakan atau dikonsumsi, narkoba akan larut dan dialirkan melalui darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Berbagai efek akan dialami oleh penggunanya, tergantung jenis, dosis, dan lamanya pemakaian narkoba.

Lanjut Ners Rody, ada beberapa efek yang ditimbulkan akibat penggunaan narkoba, di antaranya: Efek stimulan
Beberapa jenis narkoba dapat mempercepat kerja jantung dan otak lebih dari biasanya, misalnya ekstasi, kokain, dan amfetamin.
Alhasil, penggunanya seakan-akan memiliki tenaga ekstra, merasa lebih kuat dan lebih aktif, serta tidak mudah lelah, terutama saat melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang berat.

Efek halusinogen, Halusinasi merupakan efek yang ditimbulkan oleh sebagian besar jenis narkoba, termasuk ganja, ekstasi, dan LSD. Pengguna narkoba jenis ini seolah-olah melihat suatu hal atau benda yang sebenarnya tidak ada atau tidak nyata. Hal inilah yang menyebabkan narkoba terkadang disebut juga obat psikedelik.

Efek depresan, beberapa jenis narkoba, seperti putaw, heroin, dan ganja, bekerja dengan cara menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Hal ini membuat penggunanya merasa lebih rileks, mengantuk, napas melambat, tekanan darah menurun, dan detak jantung melemah.

Efek adiktif, hampir semua jenis narkoba, terutama heroin, kokain, dan putaw, menyebabkan kecanduan (adiksi) pada penggunanya. Efek ini membuat penggunanya selalu ingin menggunakan narkoba tersebut.
KOMENTAR