Aceh Tamiang Hujan Lebat, Puluhan Rumah di Tiga Desa Terendam Banjir

author photoRedaksi
1 Sep 2021 - 06:21 WIB

ACEH TAMIANG - Puluhan rumah di tiga Desa Kabupaten Aceh Tamiang terendam banjir. Hujan deras berturut-turut sejak dua hari terakhir ini menyebabkan debit air sungai meluap.

Sejumlah desa yang terkena dampak banjir diantaranya dusun Pahlawan Kampung Kota Kuala Simpang, Kecamatan Kota Kuala Simpang dengan ketinggian mencapai 30 sampai dengan 80 sentimeter, dusun Alur Cempa, Desa Rantau Pakam ketinggian air mencapai 40 sentimeter dan Desa Rongoh, Kecamatan Tamiang Hulu.

Selain merendam puluhan rumah warga, debit air yang diperkirakan terus naik, mengakibatkan sejumlah akses jalan lumpuh total disebabkan genangan air dan tidak dapat dilalui.

Kapten Inf Iswan, Danramil 01/KSP menerangkan bahwa, bencana banjir yang terjadi selain disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, banjir yang merendam pemukiman penduduk juga dikarenakan debit air sungai yang meluap di beberapa titik.

Selanjutnya, Danramil juga memastikan para prajuritnya yaitu Babinsa, terus memonitor perkembangan situasi terkait debit air yang berkoordinasi dengan pihak terkait diantaranya perangkat desa, kepolisian setempat, aparatur kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang.

"Sementara lokasi pengungsian telah disiapkan diantaranya di gedung nasional dan gedung PKK di dusun Pahlawan, Kampung Kota Kuala Simpang, Kecamatan Kota Kuala Simpang" pungkas Danramil.
KOMENTAR