Wakili Bupati Bireuen Sekda Ibrahim Buka Latihan Dasar CPNS Formasi Umum 2019

author photoM. Sulaiman
3 Agu 2021 - 01:20 WIB

BIREUEN- Latihan Dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Umum tahun 2019, yang digelar BKPSDM Kabupaten Bireuen, dibuka Sekda Ir Ibrahim Ahmad, MSi, yang mewakili Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH. M.Si acara dilaksanakan di Aula hotel Fajar, Senin. 2 Agustus 2021 pagi.


Dalam sambutan Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH, M.Si yang diwakili Sekdakab Ir Ibrahim Ahmad, MSi, mengucapkan selamat bagi CPNS yang telah memilih untuk mengabdikan diri sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat, berharap latihan ini sampai akhir tetap berjalan lancar.


"Lanjut Sekda Ibrahim Ahamad mengharapkan bagi peserta semua, tenaga pendidik, dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan baik, sebab peserta Latsar orang-orang terpilih dan berhasil melewati rangkaian proses seleksi CPNS yang ketat, dan akan menjadi wajah baru dimasa depan, Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Bireuen, menunggu kontribusi para peserta.


"Para peserta harus meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, dilandasi kepribadian dan etika PNS," Pesan Sekda Bireuen.


Sebelumnya, Plt Kepala BKPSDM Bireuen, Zaldi AP S.Sos menyampaikan laporannya, Latsar ini diikuti 37 peserta tenaga pendidik, dimulai dari tanggal 02 Agustus s/d 30 September 2021, dilaksanakan 511 jam pembelajaran dua tahap yaitu tahap internalisasi (klasikal) 191 jam pelajaran dan aktualisasi (non klasikal) 320 jam pembelajaran.


Sedangkan untuk pematerinya dari Widyaiswara BKPSDM Provinsi Aceh, juga BKPSDM Bireuen, serta nara sumber dari dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen yang berkompeten, sebutnya.


Adapun tujuan dilaksanakan Latsar ini untuk membentuk CPNS memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat. Supaya dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS.


Juga harus dapat mengetahui tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan mampu menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberda yaan masyarakat.


Pada acara pembukaan Latsar tersebut, Turut dihadiri Asisten III Dailami, SHut, kepala BKPSDM Aceh diwakili Kabid Pengembangan Kopetensi Manajerial dan Sosio Kurtural BKPSDM Aceh, Nailul Authaar, SE MM, Plt Kepala BKPSDM Zaldi, AP S.Sos, Kadisdikbud Muhammad Al Muttaqin SPd MPd, dan Inspektur Inspektorat Drs Syahabuddin.(MS)
KOMENTAR