Kebakaran Lahan di Aceh Tengah Kian Meluas Hingga 11 Hektar

author photoRedaksi
8 Agu 2021 - 15:29 WIB

TAKENGON - TNI jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah berulang kali dihadapkan pada kebakaran hutan dan Lahan di Aceh Tengah.

Kali ini terjadi lagi Karhutla di desa Despot Linge, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah yang menghanguskan lahan seluas 11 hektar.

Danramil Isak, Kapten Inf Iwan Mulyawan,  mengatakan karhutla diketahui melalui aplikasi hotspot. Kemudian personel Babinsa TNI Koramil 05/Linge Kodim 0106/Ateng dibantu Bhabinkamtibmas dan masyarakat langsung ke lokasi kebakaran lahan dan berupaya memadamkan titik api.

Namun saat ke lokasi, tim dan personel harus berjalan kaki karena daerah tersebut tidak dapat dilalui  kendaraan, dengan medan yang terjal.

Danramil mengungkapkan, seringnya para Babinsa TNI bersama perangkat Desa melakukan himbauan/sosialisasi bahaya karhutla kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.

Hal itu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat, khususnya oknum, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

"Selain secara umum, himbauan dilakukan kepada pemilik lahan agar selalu melakukan pengecekan terhadap lahan miliknya dan juga selalu waspada terhadap ancaman bencana kebakaran dengan keadaan cuaca seperti ini,"

Saat ini api berangsur angsur mulai padam namun masih tetap dimonitor, rencana Babinsa, Babinkantibmas dan aparat kampung akan memberi penyuluhan tentang kebakaran hutan serta Membantu pihak kepolisian mencari pelaku pembakaran lahan.
KOMENTAR