Kecewa Dengan Kinerja Pemerintah Aceh, Ini Kata Ir, Azhari Abdurahman

author photoHasan Basri
2 Jul 2021 - 14:37 WIB

THEATJEH.NET, Banda Aceh ---Rendahnya penyerapan Anggaran pada Semester I Tugas Akhir Tahun 2021 Ketua Badan Legislatif (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh ( DPRA ) Ir, Azhari Abdurahman kecewa terhadap kinerja Pemerintah Aceh, Jumat 02 Juli 2021.

Hal itu disampaikan Azhari dalam rapat Badan Musyawarah DPRA pada kamis 01Juli 2021 Lalu. Dirinya mengatakan Rendahnya daya serap terlihat dari data terakhir April 2021 realisiasi keuangan dari total pagu APBA Tahun Anggaran 2021 senilai Rp16,763 triliun lebih, Pemerintah Aceh menargetkan realisasi keuangan dan fisik sampai 30 April masing-masing 15 persen. 

Namun, sampai 28 April 2021, realisasi keuangan baru 7,9 persen, dan fisik 9,5 persen. Realisasi Keuangan APBA 2021 per Satuan Kerja Pemerintah Aceh sampai 28 April bahkan ada sejumlah SKPA realisasi keuangannya tercatat masih 1,1 persen, 1,2 persen, 2,7 persen, 2,9 persen, 3,7 persen, 3,9 persen, 4,5 persen, dan 4,6 persen. 

Angka itu sangat mengkhawatirkan, karena ditengah-tengah keganasan pandemi Covid-19 hendaknya Pemerintah Aceh selangkah lebih maju untuk mempercepat realisasi anggaran yang sudah ditetapkan di APBA. Akibat tidak berhasilnya realisasi anggaran ini Program Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat Aceh akan sulit untuk dicapai. 

" Saya berharap dibentuknya Pansus Biro Pengadaan Barang dan Jasa TA, kegunaan pansus (panitia khusus) merupakan respon cepat dari DPRA untuk mempercepat terjadi pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemerintah Aceh, hal ini sejalan dengan Perpres No. 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa. Pemerintah Aceh harus fokus, jangan lalai atas kewajibannya sendiri karena terserapnya anggaran sangat equivalen dengan pengadaan barang dan jasa yang dilingkungan SKPA itu sendiri,". Kata Ir, Azhar Abdurahman melalui pers rilisnya kepada Media ini.

" Pemerintah perlu menghentikan penggunaan anggaran tunjangan kinerja (Tukin) ASN pada semester ke II TA 2021,Masyarakat disaat menderita, ASN dengan gagah berani menerima tukin yang tidak patut itu ,Pemerintah Aceh harus rasional dalam urusan Tukin ini, Tutup Ir, Azhar Abdurahman yang juga mantan Bupati Aceh Jaya.  (.)



KOMENTAR