Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar Tinjau Padi Siap Panen di Blang Raya

author photoRedaksi
22 Mar 2021 - 07:23 WIB

Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar, Mursalin, meninjau persawahan Blang Raya yang padinya siap panen di Gampong Lampreh Lamtengoh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Minggu (21/3/2021).

"Alhamdulillah, hasil tanaman padi rendengan yang siap untuk dipanen ini memuaskan.
Saat ini lagi musim panen raya, jadi Pemerintah harus menjaga stabilitas harga gabah kering di pasaran.
Soalnya kalau harga gabah tak stabil, petani rugi, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini," kata Mursalin disela-sela meninjau padi siap panen ini, Minggu (21/3/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebutkan saat ini hampir semua sawah di Aceh Besar akan panen, bahkan sekitar 5.000 hektare telah dipanen.

Luas sawah yang ditanami padi sekitar 25.692 hektare yang tersebar di 16 kecamatan di Aceh Besar. Hasil panen mencapai 6 ton hingga 7 ton per hektare. "Ini hasil panen yang memuaskan dan berkah dari Allah kepada petani," kata Mursalin.

Mursalin menanam padi sudah menjadi sumber kehidupan dan pendapatan petani sawah di Aceh Besar. Para petani ini bukan hanya menjadikan padi mereka untuk beras semua, tetapi padi itu juga mereka untuk berbagai kebutuhan lainnya, termasuk biaya pendidikan anak-anak. 

"Makanya, kita harus memastikan harga gabah stabil di pasaran agar mereka membeli sembako seimbang. Kalau gabah mahal, petani bergairah,  tapi kalau gabah murah, tapi sembako mahal, rakyat menjerit," ujar Anggota DPRK Aceh Besar Dapil IV ini.

Sementara itu, Keuchick Lampreh Lamtengoh, Sudirman, mengatakan luas lahan sawah siap panen di sawah Blang Raya mencapai 250 hektare. Hasilnya kali ini juga memuaskan. Adapun sawah Blang Raya 250 hektare ini yang akan panen padi itu masuk dalam lima gampong. 

Saat ini petani mulai memanen padi. Ada yang menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) combine. Tetapi ada juga yang masih memotong secara manual pakai sabit karena sawah mereka tak bisa dijangkau mesin pemotong padi atau combine.

Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mursalin SHI, berharap Pemkab Aceh Besar dapat memperbaiki saluran irigasi tersier (saluran cacing) di areal sawah  Blang Raya Gampong Lampreh Lamtegoh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, sepanjang 750 meter.

Kondisi kerusakan saluran irigasi ini, yaitu tertimbun tanah, ditumbuhi rerumputan, dan patah-patah. Tentu perbaikan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu. (*)
KOMENTAR