Kebakaran di Lahan Sawit, TNI/polri Kerahkan 2 Unit Pemadam Kebakaran di Aceh Tamiang

author photoRedaksi
9 Mar 2021 - 17:00 WIB

ACEH TAMIANG - Kebakaran yang terjadi di lahan milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Bima Desa Sawita (BDS) tepatnya di wilayah Desa Lubuk Sidup, Kecamatan Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (8/3/2021).

Setidaknya api meluas hingga menghanguskan 1 Ha lahan kawasan pembuangan limbah tandan kosong (tankos) kelapa sawit milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Bima Desa Sawita (BDS).

Berdasarkan informasi dari Pjs. Manager PKS PT. Bima Desa Sawita, Sugiarto, kebakaran bersumber dari tandan kosong kelapa sawit yang berada di kawasan pembuangan limbah.

Sugiarto mengaku, tandan kosong kelapa sawit milik PKS PT. Bima Desa Sawita yang terbakar akibat terik panas matahari yang dengan cepat menyebar luas membakar 80 % kawasan pembuangan limbah tersebut, katanya.

Atas kejadian tersebut personel Babinsa TNI Koramil 02/Karang Baru dan personel Polsek Karang Baru mengerahkan sebanyak 2 (unit) mobil pemadam kebakaran Kab. Aceh Tamiang untuk segera melakukan pemadaman titik api.

Danramil 02/Karang Baru, Kapten Inf Lumban Raja mengatakan, hingga sampai saat ini personel gabungan terus melakukan patroli di sekitar lahan tersebut.

"Saat ini api belum sepenuhnya berhasil dipadamkan karena masih ada bara api pada timbunan tandan kosong. Dikhawatirkan api akan merembet meluas sampai ke lahan perkebunan masyarakat setempat", ungkap Danramil.

Selain personel TNI jajaran Kodim 0117/Aceh Tamiang dan Polres Atam, pemadaman kebakaran turut dibantu karyawan PKS PT. Bima Desa Sawita dan masyarakat setempat.
KOMENTAR