Dinsos Kota Lhokseumawe Lakukan Bimtek Aplikasi Data SIKS-NG Kepada Operator Desa

LHOKSEUMAWE - Dinas Sosial Kota Lhokseumawe melakukan bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Operator Desa untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dalam wilayah pemerintahan Kota Lhokseumawe selama 2 hari Mulai tanggal 4-5 November 2020 di Aula Setdako Lhokseumawe.

Untuk di ketahui, Bimtek Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ini akan menggunakan Aplikasi berbasis Komputer dengan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation (SIKS-NG).

Pelaksanaan Bimtek ini bertujuan agar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat langsung dilakukan ditingkat Desa tentunya setelah melalui proses Musyawarah Desa (Musdes).

Setelah dilakukan Musdes ditingkat Desa/Gampong, maka Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dapat di entry dan update langsung oleh Petugas Entry Data yaitu Operator Desa yg telah mengikuti Bimtek ini.

Kepala dinas sosial kota Lhokseumawe Drs. H. Ridwan Djalil berharap, petugas dan operator desa DTKS ini dapat bekerja dengan Profesional dan Porposional sesudah mengikuti bimbingan teknis tersebut.

"bekerja lah dengan Hati dan keikhlasan" tambah kadis.

" kami melakukan bimtek selama 2 hari dan berharap, para peserta setelah mengikuti Bimtek dalam 2 hari ini, nanti nya dapat mengimplementasikan ilmu yg mereka terima dan dapat dilakukan updating serta pemutakhiran data di tingkat desa/gampong masing, demikian kata Kadis Sosial Kota Lhokseumawe"

Dengan dilaksanakan nya Bimtek DTKS, maka kedepan nantinya masyarkat miskin yang ada dalam Wilayah Pemko Lhokseumawe akan mendapatkan ID DTKS yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Updating DTKS ini dapat dilakukan setiap hari ataupun setiap bulan nya, Penetapan dari daerah akan dilakukan 2 kali setiap tahunnya yaitu bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya.

"Semua penerima bansos kedepan harus terdata dalam DTKS melalui aplikasi SIKS-NG dan tidak perlu lagi Surat Miskin dari desa" Tutup Kadis Ridwan Djalil. []
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru