Pemerintah Aceh Fasilitasi Pemulangan Jenazah Warga Pidie dari Jakarta

author photoRedaksi
24 Agu 2020 - 20:34 WIB

JAKARTA - Pemerintah Aceh melalui Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) memfasilitasi pemulangan jenazah Izummi (67), warga Pidie dari Jakarta, Senin 24 Agustus 2020.

Almarhum yang berasal dari Cot Geunduek, Kecamatan Pidie, Pidie menghebuskan nafas terakhir, di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Minggu 23 Agustus 2020, sekitar pukul 21.30 WIB, akibat kanker pita suara yang dideritanya.

Kepala BPPA Almuniza Kamal S.STP, M.Si mengatakan, pemulangan jenazah warga Aceh yang kurang mampu, seperti almarhum Izummi ini, dilakukan berdasarkan amanah dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh H Ir Nova Iriansyah MT.

"Kita akan selalu memfasilitasi pemulangan jenazah warga Aceh yang meninggal di Jakarta dan sekitar Jabodetabek. Karena ini merupakan bagian dari fardhu kifayah, jadi sebuah kewajiban," kata Almuniza.

Almuniza mengatakan, pemulangan jenazah dengan menggunakan pesawat Batik Air melalui Bandara Soekarno-Hatta, pukul 07.45 WIB. "Nanti jenazah sampai di Aceh, akan dijemput oleh ambulans dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM)," kata Almuniza.

Sementara itu, adik sepupu almarhum, Fakhrul, mengatakan Izummi menjalani perawatan kanker pita suaranya di RSCM setelah dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh enam bulan yang lalu.

"Selama di sini (Jakarta), almarhum tinggal di Rumah Singgah RSCM dijaga oleh anak bungsunya yang perempuan," kata Fakhrul yang juga Ketua Taman Iskandar Muda (TIM) cabang Pondok Gede.

Almarhum, kata Fakhrul, yang dulunya bekerja sebagai penjual bakso di kawasan Lhokseumawe, sosoknya sangatlah baik kepada siapapun. "Orangnya sangat ramah. Dan jiwa sosial juga baik suka membantu kalau yang membutuhkan," kata Fakhrul.

Fakhrul yang mewakili keluarganya, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, khususnya BPPA yang sudah mengurus pemulangan jenazah abang sepupunya. 9

"Kita keluarga sangat berterimakasih kepada semua yang mengurus jenazah almarhum. Semoga diterima semua amalan oleh Allah SWT," ujarnya. []
KOMENTAR