Bendera Bulan Bintang Sempat Berkibar di Halaman Mesjid Islamic Center

author photoRedaksi
15 Agu 2020 - 13:38 WIB

Foto Aceh24
LHOKSEUMAWE - Halaman Mesjid Islamic Center Lhokseumawe menjadi saksi berkibarnya Bendera Merah Putih dan Bulan Bintang saat peringatan 15 tahun perdamaian Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Sabtu pagi (15/8).

Selain itu, dalam peringatan MoU Helsinki tersebut, juga dikumandangkan Do’a dan Zikir. 

Dialog serius sempat antara pihak aparat kepolisian dengan salah seorang anggota Tuha Puet, GAM wilayah Pase, Muhammad Yasir yang juga mantan Ketua DPRK Lhokseumawe.

Dalam mediasinya, Kapolres AKBP Eko Hartanto meminta  Muhammad Yasir agar bendera bulan bintang tidak dikibarkan, akan tetapi mantan anggota GAM yang saat itu sedang duduk, meminta kapolres untuk segera keluar dari kerumunan.

Sebelum Bendera Merah Putih juga dikibarkan oleh mantan GAM sebelum menginarkan bendera Bulan Bintang. Kedua Bendera berdiri di halaman mesjid.

“Peringatan Perdamaian Aceh Ke 15 tahun ini, kita mengibarkan Bendera Bintang Bulan. Sekaligus meminta  poin-poin MoU dijalankan. Sebab tak kunjung selesai sudah 15 tahun perdamaian Aceh,” kata Muhammad  Yasir.

Dijelaskan, perjanjian damai Aceh semuanya nihil. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Republik Indonesia harus ada komitmen untuk menyelesaikannya agar bisa dirasakan oleh semua masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, sangat signifikan dan penting direalisasi adalah masalah bendera. Pembagian hasil bumi Aceh, 70-30 persen. Kemudian soal tapal batas Aceh.

“Kita berharap pada perlemen Pemerintah Aceh, mari duduk bersama menyelesaikan masalah damai Aceh yang sudah mencederai selama 15 tahun,” pintanya mengingatkan.

Pihaknya juga mempertanyakan, kapan selesai. Atau perlu menunggu 15 tahun mendatang lagi. Untuk mengambil sikap, pihaknya tetap berpegang teguh pada perdamaian Aceh.

Saat upacara peringatan perdamaian Aceh tersebut, hadir Ketua DPRK Lhokseumawe, Ismail A Manaf, Satuan Polisi Pamong Praja- Wilayatul Hisbah, dan masyarakat yang ikut menyaksikan. Sebab, kegiatan persis di selatan jalan Merdeka Lhokseumawe.

Seusai upacara peringatan perdamaian tersebut, Bendera Bulan Bintang yang berkibar di halaman Islamic Centre Lhokseumawe, diturunkan sendiri oleh mantan anggota GAM. Hanya bendera Merah Putih yang masih berkibar.

Hingga selesai upacara memperingati perdamaian Aceh, sekira pukul 10.30 WIB,  situasi keamanan kota konsusif, aman dan terkendali. (A24)
KOMENTAR