Walikota Banda Aceh Resmikan Keude Gampong Neusu

author photoPutri Ulan Dari
28 Jul 2020 - 06:24 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE AK MM melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian telah selesainya pembangunan 16 unit keudee milik Aset Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (27/7/2020).

Sebanyak 16 unit keudee gampong yang dibangun di Jalan Hasan Saleh Dusun Blang Malek Gampong Neusu Aceh, Banda Aceh saat dilakukan peresmian oleh Walikota Banda Aceh turut dihadiri oleh Wakil Walikota Banda Aceh, Drs. Zainal Arifin, Dandim 0101/ BS, Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos, Kabag Ren Polresta Banda Aceh, Kompol Muhayat Effendie, SE. MH, Kepala Dinas DLHK3 Banda Aceh, Hamdani, SH, Anggota DPRK Fraksi Nasdem Dapil 1 Banda Aceh, Abdul Rafur, DPMG Kota Banda Aceh bidang Seksi Penataan dan Pengembangan Kawasan Gampong, Tuti Sulastri, SE, serta unsur Muspika Baiturrahman.

Kegiatan tersebut, diawali pembacaan doa oleh Tgk. H. Ramli Yunus, S.Ag dan dilanjutkan dengan laporan Keuchik Gampong Neusu Aceh, Fauzi Usman, SH, mengatakan pembangunan sebanyak 16 unit kedee gampong ini memnggunakan ADG sebesar 1,3 milyar.

"Pembangunan kedee gampong ini menelan biaya sebesar 1,3 milyar yang diambil dari anggaran Alokasi Dana Gampong atau ADG tahun 2020 dengan beberapa tahapan," sebuat Fauzi usman.

Tujuan didirikan keudee gampong ini ditunjukan untuk pemberantasan kemiskinan dan pengangguran masyarakat kota Banda Aceh khsusunya gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Fauzi mengatakan, semoga Walikota Banda Aceh hari ini dapat meresmikan dengan cara menggunting pita yang telah kami siapkan. Sementara itu, pembangunan ini kita lakukan sejak tahun 2018 pada saat kami dilantik tahun 2017 silam dan langsung merumuskan rencana kerja, Alhamdulillah tahun 2018 kita alokasi dana 200 Juta.

Kemudian pada tahun 2020, Alokasi Dana Desa sebesar 200 juta ditingkatkan lagi menjadi 300 juta lebih sehingga sampai saat ini pembangunannya mencapai 1,3 milyar, pungkas Fauzi usman.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, H. Aminulah Usman, SE., Ak. MM dalam kesempatan tersebut mengatakan Keudee gampong Neusu Aceh yang diresmikan ini, nantinya akan menjadi suatu solusi dan menjadi satu contoh yang mungkin bisa kita kembangkan untuk daerah-daerah lain.

"Saya Walikota Banda Aceh dan Wakil Walikota Banda Aceh sangat mengapresiasi atas pembangunan 16 pintu kios di kampung ini, dan kita berharap agar nantinya itu digunakan kepada para pedagang-pedagang yang ada di desa ini, utamakan kepada warga terkecuali sudah tidak ada yang mau dan bisa diberikan kepada yang lain," Kata Walikota.

Walikota mengatakan, kios ini harus produktif karena sudah mengeluarkan dana mencapai 1,3 miliar, dan kita yakini harus ikut berkontribusi guna memajukan wujudkan visi dan misi Kota Banda Aceh.

Banda Aceh sebagai visinya adalah mewujudkan kota gemilang, kalau kita membangun dalam bidang agama, dalam bidang ekonomi dan bidang pendidikan tentu ini salah satu wujud dari pada pembangunan sesuai dengan visi kota Banda Aceh, tutur Aminullah.

"Program yang paling kita harapkan adalah, kita mampu menurunkan angka kemiskinan, mampu menurunkan angka pengangguran. Jadi jelas di sini kalau orang jualan nya sudah mampu tentunya menampung 16/32 tenaga kerja," pungkas Aminullah. Dalam kegiatan tersebut, turut dilakukan pemberian santunan kepada anak yatim sebanyak 30 orang secara simbolis oleh Walikota Banda Aceh, H. Aminulah Usman, SE., Ak. MM.
KOMENTAR