BRA Jalin Kerjasama PT Nasa Yogyakarta Guna Tingkatkan Investasi Kemitraan Program Reintegrasi

author photoPutri Ulan Dari
28 Jul 2020 - 09:45 WIB

THE ATJEH NET, YOGJAKARTA - Ketua Badan Reintegrasi Aceh H.Sayed Fakhrurrazi.SE, M.Si didampingi Ketua, Direktur Penguatan Reintergasi Munir Ismail, Direktur Penyelesaian Perselisihan Joni Suryawan, Ketua Tim Mediasi dan Sosialisasi Ketahanan Pangan Aceh, Rizwan Isnu, Perwakilan Bupati Aceh Tamiang, Taslim Al Madani, Reza Pahlefi yang jug anggota Assistensi Sawita dan budang pemberdayaan ekonomi masyarakat Sawita dalam agenda kunjungan Study Banding Bidang Pertanian dan Peternakan di PT Natural Nusantara (PT.NASA), Yogjakarta, Senin (27 Juli 2020).

Kunjungan Ketua Badan Reintegrasi Aceh beserta rombongan langsung disambut baik Direktur utama Pemegang Saham PT. Nasa Agung Setiawan, Direktur Utama Ini Ir. Hana Indra Kusuma, staf ahli bidang Sawita PT. nasa Eko Zulya, Ir. Fahmi Rosadi selaku Ketua Tim Penyuluh Perusahaan beserta rekan kerja penghubung BRA Pusat.

Ketua Badan Reintegrasi Aceh H.Sayed Fakhrurrazi.SE, M.Si mengatakan, destinasi kunjungan PT.Natural Nusantara (PT.NASA) ini juga merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi pupuk Organik ramah lingkungan.

Adapun tujuan kunjungan ini untuk menjalin kerjasama investasi guna membangun kemitraan antara BRA dan PT.NASA untuk program Reintegrasi, dimana salah satunya adalah penyediaan lahan pertanian dan perkebunan untuk Masyarakat imbas konflik, Tapol,Napol dan Eks Kombatan GAM.

"Insya Allah, BRA juga menargetkan 70.000 Ha lahan untuk pelaksanaan poin 3.2.5 MoU Helsinki, lahan ini nanti akan kita jadikan sebagai salah satu sumber pendapatan dan lapangan pekerjaan bagi target Group BRA dengan kuantitas dan kualitas baik dalam memperhatikan lingkungan yang lestari," ujarnya.

Sayed juga berharap, hubungan kemitraan BRA dengan PT.NASA diharapkan kedepannya dapat mentransfer pengalaman dalam hal pembangunan Agrokompleks bagi pemberdayaan ekonomi kelompok sasaran program BRA di tanah pertanian maupun perkebunan nantinya, sehingga jangan takut ke Aceh, jangan percaya dengan tahayul yang mengatakan Aceh itu sebagai wilayah "Danger" karena sebetulnya Aceh sudah sangat aman saat ini, kita sudah damai dan pada 15 Agustus 2020 ini sudah berusia 15 Tahun. 

Sementara itu, Direktur PT.NASA, Hana Indra Kesuma juga menyampaikan, selama ini banyak yang mendengar hal tentang Aceh, sehingga kita juga sangat ingin berkunjung ke Aceh karena punya potensi alam yg banyak dengan tanahnya yang masih subur dan siap bermitra dengan BRA untuk mewujudkan visi Agro yang lestari dan ramah lingkungan.

"Pada prinsipnya PT.NASA memandang Aceh khususnya Indonesia secara menyeluruh telah ditakdirkan Allah SWT punya agro komplek yang memiliki begitu banyak potensi dibidang sektor Agro sehingga dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta hasil produknya juga dapat memutar ekonomi begitu kuat," ungkapnya.

Hana Indra juga menyampaikan, PT.NASA siap berbagi pengalaman dan transfer pengetahuan dengan BRA sebagai mitra nantinya bersama penyuluh-penyuluh yang handal untuk berpengalaman di bidangnya masing-masing.
KOMENTAR