Akmal Rusli Putra Aceh yang Punya Prestasi Gemilang di Kancah Nasional

author photoM. Sulaiman
7 Jul 2020 - 23:20 WIB

JAKARTA-  Akmal Rusli, Sosok Pemuda Religi dan Cerdas Alumni Pesantren yang Pintar Berkomunikasi Diplomasi, Salah satu Putra Aceh kelahiran pada 1 September 1995 di Desa Blang Guron Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Ia lahir dari keluarga sederhana pasangan Almarhum Rusli dan Ainiah, ibunya seorang petani di pedalaman Kabupaten Bireuen.

Akmal merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, yang lahir di tengah-tengah keluarga yang agamis, disiplin dan bersahaja. Akmal kecil mendapat pendidikan agama pertama sekali dari Orang tua nya, ketika usianya menginjak 7 tahun Akmal diantar orang tuanya masuk Sekolah Dasar di kampungnya, disana Ia menghabiskan masa kecilnya bersama dengan teman-temannya hingga kelas 4 SD.

Selanjutnya Ia masuk Sekolah Dasar (SD) Selamatkan Tunas Bangsa (Boarding School) Sekolah yang didirikan oleh  Persatuan Istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang terletak di Indrapuri, Aceh Besar Pasca Tsunami melanda Aceh tahun 2004 lalu.

Setelah Menamatkan sekolah Dasar kemudian ia melanjutkan jenjang pendidikan Sekolah Menegah Pertama di pondok pesantren modern Darul Hijrah Samahani, Aceh Besar, kemudian Akmal juga Menyelesaikan Sekolah Menengah Atas nya di Pesantren Darul Hijrah, usai tamat SMA Akmal Melanjutkan pendidikan nya di pesantren Al Fityan Tangerang Banten selama 1 tahun untuk persiapan bahasa arab sebelum masuk Kuliah di Universitas An-Nuaimy Jakarta.

Sementara pendidikan Strata Satu dikhatamkannya di Universitas An-Nuaimy Jakarta pada Fakultas Tarbiyah. setelah Menyelesaikan pendidikan Strata satu, Akmal Rusli diutus ke provinsi Jawa Barat sebagai Dai muda dan Mengabdi sebagai ustadz di Al Husna Boarding School dan Menjadi Guru Tahfizhul Al Quran di SMP IT Al Husna, SD IT Al Husna dan TKIT Al Husna Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Tahun 2017 diusia 21 tahun, Akmal Rusli Mendapatkan Amanah Baru sebagai Wakil Pimpinan Pesantren Istana Mulia Serang, Provinsi Banten, Akmal Memimpin Pondok pesantren Istana Mulia dengan Luas lahan 60 hektar dan Ratusan Santri, selain sebagai Wakil Pimpinan, Akmal Juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembina Badan Eksekutif Santri Terpadu Pesantren Istana Mulia dan Manajer Istana Mulia Tahfidz Academy. Akhir Tahun 2019 Tsunami melanda di Provinsi Banten lagi-lagi Akmal diunjuk sebagai Panglima Relawan Kemanusiaan untuk membantu korban tsunami Selat Sunda, ia Memimpin berbagai lembaga kemanusiaan di bawah Bendera Istana Mulia Peduli Bencana (IMPB), Akmal Berhasil menyelesaikan Tugasnya dengan Baik sebagai koordinator IMPB dan mendirikan 10 posko untuk membantu korban tsunami Selat Sunda.

Akmal Rusli dikenal Piawai dalam Berorganisasi dan Ahli strategi, teman-temannya mengenal sosok Akmal Rusli sebagai Konseptor Pergerakan, ia juga dikenal sebagai sosok Tokoh Muda yang punya jaringan luas dalam dan Luar Negeri, baik dengan para Tokoh Internasional para Menteri kabinet, kepala Daerah, pejabat tinggi negara, pengusaha sukses, masyarakat bawah hingga dekat dengan berbagai kalangan, Akmal Rusli juga terkenal sebagai aktivis kemanusiaan di berbagai daerah di indonesia sehingga dikenal hingga ke masyarakat bawah, hari-hari dirinya kerap berbaur dan menyapa masyarakat.

Akmal Rusli sejak SMP sudah memiliki jiwa kepemimpinan, saat masih bersekolah di SMP, ia sudah menjadi ketua ROHIS kemudiaan di SMA akmal di percaya Sebagai Wakil Ketua Organisasi Santri Darul Hijrah (OSDH) Pesantren Darul Hijrah.

Selanjutnya Akmal Rusli memulai karir Organisasinya saat mengikuti Basic training PII di Aceh Besar, lalu dilanjutkan dengan mengikuti Basic Training (LK1) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jakarta Selatan dan pernah juga mengikuti Daurah Marhalah (DM) kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Tangerang, Akmal Rusli Tercatat Sebagai salah satu pendiri dan Pembina Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Penguruan Tinggi (HIPMI PT) Lipia Jakarta.

Akmal Rusli lebih dikenal sebagai Aktivis HMI dan ketua Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Bidang Politik dan Hubungan Internasional periode 2018-2020.

Kini Karir nya Melejit, wara wiri dalam dan Luar Negeri, Saban hari Akmal Rusli Semakin Sibuk dengan Tugas-tugas pentingnya, Ia saat ini bertugas di Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Akmal Juga terkenal sebagai Aktivis Nasional dan di percaya menduduki posisi terpenting di berbagai Organisasi baik di dalam Negeri maupun organisasi Internasional.

Prestasi Paling gemilang adalah ketika Nama Akmal Rusli Masuk Dalam jajaran Pengurus Nasional OIC Youth Indonesia (Pemuda OKI) periode 2019-2023. Organisasi Internasional yang Bernaung di Bawah Negara OKI yang dipimpin Oleh Presiden Negara Turky Mr. Recep Tayyip Erdogan, OIC Youth (Pemuda OKI) Sebuah Organisasi Internasional yang memiliki Anggota dan Jaringan di 57 Negara di Dunia dan Bermarkas di Istanbul-Turky.

Akmal juga dipercaya menduduki jabatan penting di organisasi Internasional asal Negara malaysia yakni Sebagai Vice President Dewan Perniagaan Usahawan kecil Malaysia (DPUKM) Republik Indonesia, lalu Sebagai Wakil Ketua Departemen Bidang Luar Negeri dan Perdangangan Antar Negara Asosiasi Pengusaha Bumi Putra Nusantara Indonesia (Asprindo), Ketua Dewan Pakar dan Penasehat Asosiasi Pengusaha Desa Indonesia (APEDI) Provinsi Jawa Timur.

Sebagai Aktivis kemanusiaan Akmal Rusli Mendapat kepercayaan menjabat Posisi penting di berbagai Lembaga kemanusiaan, saat ini Akmal Rusli tercatat Sebagai Juru Bicara Lembaga kemanusiaan "Eddie Foundation", Sebuah lembaga kemanusiaan yang berkantor di Jakarta, Malaysia dan Banda Aceh, kemudian Akmal Juga Menjabat sebagai Pengurus Pusat Lembaga Kemanusiaan REKAN Indonesia (Relawan Kemanusiaan) yang berkantor Pusat di Jakarta.(Red)
KOMENTAR