100 Ha Lahan Replanting Sawit Ditanami Jagung Rakyat di Kuta Makmur

ACEH UTARA - Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf secara simbolis menyerahkan bantuan bibit jagung untuk ditanami di lahan replanting kelapa sawit seluas 100 hektar di Gampong Sido Mulyo Kecamatan Kuta Makmur, Rabu, 1 Juli 2020.
Penanaman jagung rakyat di areal replanting sawit merupakan bagian dari program ketahanan pangan mengantisipasi wabah pandemi virus Covid-19. Bantuan benih jagung sebanyak 1.500 kg berasal dari Dinas Pertanian Provinsi Aceh disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara. Selain bantuan benih, juga diberikan bantuan pupuk sebanyak 10 ton.
"Bantuan diserahkan melalui Kelompok Tani Tunas Muda Usaha Beuna," kata Mukhtar, SP. 
Wakil Bupati Fauzi Yusuf pada kesempatan itu turut melakukan penanaman perdana di areal tersebut, turut didampingi para pejabat Muspika Kecamatan Kuta Makmur. 

"Kita harapkan bantuan ini dapat menjadi sumber ekonomi petani di sini, khususnya dalam masa replanting tanaman sawit," kata Fauzi Yusuf.  

Sebelumnya, kata Fauzi, penanaman jagung untuk program serupa juga telah dilakukan di areal replanting tanaman sawit di Gampong Cot Dah Kecamatan Tanah Luas.  Fauzi mengatakan bantuan yang diberikan pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan baik dan ditambah dengan kerja keras supaya berhasil. 

"Petani kita harapkan mau bekerja keras, kalau ada permasalahan agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas terkait," harapnya.

Menurut Fauzi, program penanaman jagung di atas lahan replanting kelapa sawit akan dilakukan di beberapa lokasi dalam wilayah Aceh Utara yang dikelola oleh sejumlah kelompok tani. 

Sebagaimana diketahui, Pemerintah sedang melakukan program peremajaan sawit rakyat yang usianya sudah lebih 25 tahun. Dalam tahun 2019 sedikitnya dilakukan peremajaan (replanting) seluas 2.080 hektar tersebar di 10 lokasi dalam wilayah Aceh Utara.

Di atas areal replanting inilah ditanami tanaman jagung, sebagai selingan dalam masa awal penanaman kembali kelapa sawit rakyat. Sangat diharapkan tanaman jagung ini menjadi pembangkit ekonomi petani, khususnya yang tanaman sawitnya dalam masa replanting.

Prosesi penyerahan bantuan benih jagung dan kegiatan penanaman perdana jagung rakyat di Gampong Sido Mulyo tidak lepas dari program ketahanan pangan akibat wabah virus Covid-19. Semua tamu dan hadirin yang hadir pada kegiatan itu diwajibkan mentaati protokol kesehatan.***
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru