Walikota Banda Aceh Melangsungkan Soft Launching Pasar Gemilang Lamdingin

author photoPutri Ulan Dari
15 Jun 2020 - 18:45 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Wali Kota Ban­da Aceh, Aminullah Usman, Sabtu (13/6/2020) melakukan peninjauan langsung kesiapan serta Soft Launching lokasi Pasar Gemilang Lamdingin (PGL) yang terletak di Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Senin (15/6/2020) pagi.

Turut Hadir mendampingi Wali Kota, Sekdako Ir Bahagia, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan M Nurdin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Ham­dani, Kadis PUPR Jalaluddin, Kepa­la Bappeda Weri, Dirut PDAM Tirta Daroy T Novizal Aiyub, para asisten SKPK lainnya. Hadir juga Ketua Komisi DPRK Banda Aceh, Aiyub Bukhari.

Dalam kesempatan itu Aminul­lah menyampaikan, kesiapan fisik bangunan pasar tersebut sudah mencapai 99 persen. Nantinya, pasar ini akan diresmikan langsung oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Irian­syah, sekaligus dengan penetapan nama pasar baru yang akan berlangsung Awal Bulan Juli 2020. "Tinggal finalisa­si kebersihan dan aliran air sedang dikoneksikan, intinya jika untuk pin­dah dari pasar Peunayong sudah siap," ujar Wali Kota.

Untuk jalan keliling pasar segera disiapkan, dan untuk hala­man parkir sudah sangat memadai. "Akses belakang tidak mempen­garuhi untuk mulai operasional pas­ar," katanya.

Aminullah juga menjelaskan, di pasar ini akan dikembangkan ba­ngunan lainnya, seperti cafe-cafe dan tempat lainnya. "Untuk finalisa­si sepenuhnya akan rampung pada awal tahun mendatang."

Demi kelancaran peminda­han pasar ini, Aminullah pun telah menginstruksikan dinas-dinas terkait untuk bekerja maksimal dalam dua hari terakhir.

Di tempat yang sama, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan (Kopukmdag), M Nurdin mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan para pedagang. "Pihak ped­agang pun menyambut baik hal ini. Mereka mendukung pelaksanaan program pembangunan pemerintah yang lebih baik lagi. Mereka juga tel­ah mengecek langsung lapak-lapa­knya, dan berharap pemindahan sesegera mungkin," katanya.
KOMENTAR