Good Goverment

author photoCitizen Journalism
10 Jun 2020 - 21:02 WIB

BENER MERIAH - Lembaga studi kajian kebijakan Publik (LSK2P) Nasri mengatakan pemerintahan yang baik benar dan juga bersih dari korupsi dan lain sebagainya dalam memimpin negaranya. Baik diberbagai bidang  mulai dari pemerintahan desa sampai  pemerintahan pusat (10/06/2020).

akan tetapi untuk mewujudkan Good Goverment tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintahan pusat sendiri. Tetapi, pemerintahan daerah harus demikian mengapa? Karena supaya dapat membawa kemajuan bagi negara serta akan terciptanya pemeintahan yang baik ( Good Goverment). Selain itu juga harus adanya partisipasi masyarakat  (antara pemerintah degan rakyat) demi mewujudkan pemerintah yang baik. 

Untuk mewujudkan Good Goverment membutuhkan proses yang secara bertahap, tidak mungkin secara langsung terbentuk Dan dimulai dari tingkat desa , jika ditingkat beberapa desa terbentuk maka menuju ketingkat kecamatan, lalu ketingkat kabupaten, setelah itu ketingkat provinsi.

Dan apabila ditingkat beberapa provinsi  sistem pemerintahanya telah terjadi  Good Goverment baru setelah itu ketingkat pemerintahan pusat. atau sebaliknya, dari pemerintahan pusat menuju pemerintahan desa. biasanya didalam suatu negara yang telah terbentuk sistem pemerintahannya yang baik tidak menutup kemungkinan kehidupan warga negaranya makmur dan sejahtera  serta terhindar yang namanya korupsi.

Didalam sejarah pertama kali terjadi Good Goverment  ketika pada masa khalifah Ali r.a. ketika itu khalifah Ali menulis surat kepada Gubernur yang berisi apabila suatu pemerintahan itu menjadi sukses, nyaman, dan tentram sehingga terwujudnya keadilan dan kemakmuran",Tutup Nasri. 
KOMENTAR