Syahrulridha Resmi Dilantik Sebagai Imum Mukim Tanjongan

author photoM. Sulaiman
18 Mei 2020 - 21:38 WIB

BIREUEN- Camat Samalanga resmi melantik Syahrulridha Zulmar sebagai Imum Mukim Tanjongan beserta tiga Keuchik pada Senin, (18/05/2020) pagi. Digelar di Gedung Serbaguna Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen.

Acara ini turut dihadiri oleh Kapolsek Samalanga AKP Bahrun, Danramil Kapten Inf M Gade, Kepala KUA, Para Imum Mukim, para Keuchik, tokoh masyarakat serta unsur Muspika lainnya. 

Sebelumnya Syahrulridha Zulmar yang akrab disapa Ampon Syaron itu unggul dari rivalnya Ir. Murdi Hasan pada pemilihan Imum Mukim Tanjongan awal Maret lalu. Syahrulridha Zulmar hari ini resmi dilantik sebagai Imum Mukim Tanjongan periode 2020-2025.

Camat Samalanga Mulyadi, SH dalam sambutannya menyebut Imum Mukim yang baru agar bekerja dengan sungguh-sungguh mengingat besarnya tanggung jawab yang diemban. Imum mukim bertugas sebagai perantara yang meringankan tugas Keuchik dan Camat. 

"Fungsi koordinasinya sangat besar karena harus mampu mengayomi Delapan Gampong dalam Kemukiman Tanjongan (Meunasah Puuk, Meunasah Lancok, Meunasah Lincah, Angkieng Barat, Tanjong Baro, Matang Teungoh, Ulee Ue dan Tanjongan Idem.), hal-hal yang perlu dipantau antara lain mengenai penyelesaian sengketa adat dan penerapan hukum adat. Ini tugas berat, karena sedikit saja meleset penyelesaiannya dapat berpotensi terjadi perpecahan dalam masyarakat,". Sebut Mulyadi.

Camat juga meminta Imum Mukim untuk ikut mengawasai Alokasi Dana Gampong (ADG). Pastikan penggunaan dana gampong tepat sasaran, dan jangan sampai terjadi penyelewengan sehingga dapat menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

Dikatakan Mulyadi kepada Mukim dan Keuchik yang baru dalam mengambil kebijakan, kedepankan musyawarah, bangun komunikasi dengan sejumlah aparatur, tingkatkan syiar Islam terutama shalat jama'ah di meunasah Gampong.

Sementara itu Imum Mukim Tanjongan Syahrulridha mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mempercayakan dirinya mengemban tugas sebagai Imum Mukim, Syahrul akan berkontribusi dan mendedikasikan dirinya untuk membawa Kemukiman Tanjongan ke arah yang lebih baik, dan tentunya dengan bantuan saran positif seluruh elemen masyarakat setempat terangnya.(AL)
KOMENTAR