Dr Syafwan ,Sp.B : 1 Orang warga Gayolues Dinyatakan Positif Covid-19

author photoKamsah
19 Apr 2020 - 10:08 WIB

BLANGKEJEREN  - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Kabupaten Gayo Lues menyampaikan data terbaru perkembangan virus Corona atau Covid-19, Sabtu (18/04/2020) pukul 17.00. WIB.

Ketua IDI Kabupaten Gayo Lues dr. Safwan Azhari,Sp.B Sebagai Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Gayo Lues menyampaikan Data Update perkembangan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Wilayah Gayo Lues didampingi Said Idris Wintareza,SE,MM Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Gayo Lues.
dr. Safwan Azhari,Sp.B dalam konferensi Pers.

Gugus tugas percepatan penanggulangan virus corona (Covid-19) Kabupaten Gayo Lues mencatat warga Gayo Lues yang positif terinfeksi sampai saat ini baru satu orang, Berdasarkah hasil uji Balai Litbangkes Aceh, Badan Litbangkes RI dan diuji dengan sistem Real Times Polimerase Reaction (RT PCR), sekitar 5,5 jam, hingga memperoleh hasil Positif Covid-19.

Pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dari Kecamatan Putri Betung  yang berinisial NS dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh, pada Sabtu (18/04/2020). Saat ini  sedang diperjalanan dan selanjutnya akan menjalani perawatan intensif disana, ujarnya.

Dr.Safwan menyebutkan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) 1017,  Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 15 , Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 0 dan Jlh Covid-19 Lab Positif sebanyak 1 Orang.

Dia menyebutkan saat ini terpenting adalah kesadaran diri dari pelaku perjalanan. Kami selalu mengingatkan agar pelaku perjalanan untuk sementara di rumah saja dan tidak berbaur dengan yang lain," katanya.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga agar jangan panik dan resah menyikapi informasi yang beredar saat ini.  Kami berharap kepada masyarakat Gayo Lues untuk tetap berada di rumah mengurangi keramaian, menghindari perkumpulan orang, kemudian tetap berlakukan pola hidup sehat dan bersih.  

Kami minta kerjasama seluruh masyarakat dalam usaha pencegahan penyebaran virus Corona ini dan mudah-mudahan tidak ada lagi masyarakat, kita yang terkena virus Corona, sebutnya.

Ketua Idi Gayo Lues juga berharap masyarakat Gayo Lues dapat mengenakan masker saat berada di luar rumah. Kewajiban memakai masker dinilai sangat penting untuk melindungi diri dari virus Corona jenis baru atau Covid-19.  

"Kalau semua pakai masker, mereka yang terpaksa keluar rumah diharapkan terlindungi. Setidaknya, terlindung dari kemungkinan penyebaran akibat droplet (percikan air dari bersin dan batuk)," jelasnya .(kamsah Galus)
KOMENTAR