Dinas Pendidikan Dayah Aceh Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Magang Diikuti 52 Orang Santri

author photoRedaksi
6 Mar 2020 - 20:05 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar pelatihan jurnalistik dan magang yang diikuti 52 orang santri perwakilan Dayah se- Aceh di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Kamis (5 - 9 Maret 2020).

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah S Ag MM yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Azhari S Ag M Si mengatakan, budaya tulis menulis saat ini banyak mengalami perkembangan sehingga santri juga perlu menguasai ilmu jurnalistik guna mencetak kader santri penulis yang kreatif dan inovatif.

"Pelatihan Jurnalistik ini kedepan diharapkan dapat meningkatkan potensi dan minatnya santri dalam bidang jurnalis sehingga dapat mengembalikan semangat tradisi menulis dalam menyongsong kebangkitan peradaban di Aceh kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara yang juga selaku Kabid Pemberdayaan Santri Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Drs Muhammad Nasir menambahkan, pelatihan jurnalistik santri dayah se- Aceh sebagaimana UU Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pemerintah Aceh, Qanun Aceh Nomor 09 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan Pendidikan Aceh dan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 80 Tahun 2019 tentang penjabaran penetapan anggaran pendapatan dan belanja Aceh (APBA) Tahun 2020.

"Tujuan kegiatan ini juga melahirkan santri penulis yang profesional sebagai tuntutan era globalisasi yang tidak ada dinding pemisah dalam tantanan komunikasi dunia modern saat ini dengan mengangkat temanya "Semarakkan Dakwah Islam Melalui Tulisan" yang bertujuan untuk," ungkapnya.

Adapun Narasumber dihadiri oleh Wartawan Senior Serambi Indonesia Bukhari M Ali dengan materi "kode etik jurnalistik", Praktisi Media Risman A Rachman dengan materi "teori menulis opini dan strategi menembus redaksi", Fotografer Harian Serambi Indonesia Muhammad Anshar dengan materi "teknik fotografi dan praktek", Pimred Aceh Trend Muhajir Juli dengan materi "teknik menulis feature", Akademik UIN Ar- raniry Aceh Teuku Zulkhairi MA dengan materinya "langkah dan strategi dalam membuat majalah/Buletin Dayah" dan Wartawan Penulis Muda, Hayatullah Zubaidi. (Ulan)
KOMENTAR