Datangi Kantor Keuchik, Warga Ulee Jalan Protes Pemilihan Imum Gampong

author photoRedaksi
16 Mar 2020 - 14:19 WIB

LHOKSEUMAWE - Sejumlah warga gampong Ulee jalan, kecamatan Banda Sakti, kota Lhokseumawe mendatangi kantor keuchik atau kepala desa setempat, Senin (16/3/20). 

Puluhan warga ini melakukan protes atas pemilihan Tgk imum gampong tahun 2020 dimana tungku imum yang terpilih dianggap tidak netral dan memihak.

Adapun tuntutan warga Gampong Ulee Jalan Tidak menerima imum lama yaitu Imun Zulfikar menjadi imum gampong dan warga gampong Ulee Jalan juga meminta audit dana gampong dari Keuchik Abubakar tahun 2010 sampai dengan Keuchik Yusufu M Kamal tahun 2020.

Koordinator aksi Zainuddin menyampaikan, Sehubungan dengan adanya peringatan Pemilihan Perangkat Desa Imam Gampong dan kami atas warga masyarakat Gampong Ulee jalan Kecamatan Banda sakti Kota Lhokseumawe, untuk melakukan aksi damai ini untuk Keterbukaan Informasi Publik Khusus APBG 2016 S/D APBG 2019, yang oleh masyarakat dinilai sangat tertutup dan patut diduga terindikasi dugaan Korupsi Dana Desa.

"Masyarakat menganggap Kebijakan Keuchik Gampong Ulee Jalan sangat tertutup dan serta tidak mampu mengemban amanat masyarakat yang telah mempercayainya salah satu kebijakan tersebut" ujar Zainuddin.

"Kami merasa Imum gampong gagal dalam memimpin masyarakat Desa Ulee Jalan, dan  meminta imum gampong Desa Ulee Jalan di gantikan dan dipilih kembali" Ujar salah satu warga yang ikut gelar aksi dami tersebut.

Keuchik Desa Ulee Halan, Yusuf M Kamal menyampaikan, Saya di sini tidak memihak kepada siapa pun, Marilah kita selesaikan masalah ini jangan sampai berkepanjangan.

Kami sudah melakukan musyawarah tingkat Muspika di Kantor Camat Banda Sakti Kota Lhokseumawe pada hari jumat 13 Maret 2020 yang lalu dan Menurut pengetahuan saya seluruh aparatur Gampong tidak dipilih oleh masyarakat tetapi di tunjuk oleh Keuchik. 

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, Keuchik meminta perwakilan dari ke emat dusun untuk masuk keruangan dan melakukan mediasi.

"Hasil mediasi sementara saya akan memanggil kedua belah pihak antara imum gampong yang terpilih Tgk. H. Zulfikar Ishaq dan imum gampong yang tidak terpilih yaitu Tgk. M. Zahiri agar bermusyawarah untuk bisa  mengambil keputusan jangan sampai ada satu pihak pun yang di rugikan dan hasil musyawarah nantinya akan diumumkan kewarga Ulee jalan pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020" ujar Keuchik Yusuf.

Kapolsek Banda Sakti Iptu Irwansyah, SE, membenarkan warga Gampong Ulee jalan melakukan aksi damai dan aksi tersebut berjalan damai dan tertib.

"Saya menyarankan kepada pak Keuchik untuk memanggil kedua belah untuk bermusyawarah terlebih dahulu supaya tidak ada pihak yang akan dirugikan nantinya, karena Pemilihan imum gampong tidak di atur dalam qanun, imum gampong sebenarnya ditunjuk oleh Keuchik" ujar iptu Irwansyah.
(RB)
KOMENTAR