Ketua DPD Aceh Lantik Pengurus DPC APDESI Bireuen

BIREUEN- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Aceh. Mukhsalmina Asgara, Melantik dan Mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen. periode 2020-2025, acara berlangsung di halaman Meuligoe Bupati, rabu (26/2/2020) Malam, 

Induk organisasi pemerintahan gampong yang baru dilantik dan dikukuhkan, untuk dapat berkomposisi para keuchiek dan sekdes dari berbagai Desa di seluruh wilayah Kabupaten Bireuen.

Informasi Diperoleh. TheAtjehNet, menyebutkan, APDESI sebagai wadah berhimpunnya para perangkat desa, memiliki tujuan untuk mendukung pembangunan Inspratuktur di seluruh pelosok desa, demi kepentingan masyarakat luas dalam melaju pembangunan desa.

Ketua DPD APDESI Aceh, Mukhsalmina menyampaikan harapannya, agar lembaga ini di Kabupaten Bireuen, dapat terus eksis dalam membantu program pemerintah pusat, dalam menyukseskan UU Desa. Terutama, dengan menjaga solidaritas antar pemerintah gampong, serta melahirkan inovasi yang berarti bagi pembangunan.

Selain itu, APDESI diharapkan mampu berperan dalam mensinergikan rencana pembangunan kabupaten dan desa. Jika seluruh pemerintah gampong yang jumlahnya 609 desa, dapat menjaga kekompakan demi mencapai tujuan bersama. Maka potensi ini, menjadi suatu kekuatan besar untuk membangun kesejahteraan rakyat.

Kemudian, APDESI harus mampu mendorong gampong- gampong, agar menghidupkan lembaga peradilan adat. Khususnya, untuk menangani ragam persoalan dan perselisihan masyarakat, dengan sistem tatakelola konflik sesuai kearifan lokal. Disamping itu, menjaga nilai-nilai keagamaan, serta memberi perhatian khusus terhadap pembinaan pendidikan Islam, sebagai tanggungjawab menjaga agama Allah.

Sebelumnya. Ketua DPC APDESI Bireuen, Bahrul Fazal M. Puteh, menyampaikan dalam sambutannya usai di pelantikan, dia mengharapkan dukungan dari semua pihak, agar lembaga formal ini mampu berperan untuk dapat mendorong percepatan pembangunan Inspratuktur di Kabupaten Bireuen, agar terwujudnya gampong yang mandiri, harapnya.

Lanjut Bahrul Fazal, kita harus dapat membangun kekompakan dan berkoordinasi antar pemerintah gampong, serta untuk membangun komunikasi yang baik dengan seluruh perangkat desa di 609 gampong. APDESI berkomitmen menggelar pertemuan rutin, guna membahas kendala-kendala yang dihadapi setiap pemerintahan gampong, agar dapat memperoleh solusi tepat dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Kita juga berharap, para pendamping program pemerintah dari kementrian, turut serta dapat membangun komunikasi yang produktif dengan DPC APDESI Bireuen. Dan baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, agar dapat mensinergikan tujuan membangun desa kearah yang maju," harapnya.

Selain itu, Plt Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH M.Si dalam arahannya menuturkan, APDESI merupakan ujung tombak pembangunan di tingkat gampong. Sehingga, harus menjadi pengayom masyarakat untuk mewujudkan gampong mandiri.

Menurutnya, dengan dilantikannya DPC APDESI ini, diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah daerah yang sinergi, serta mampu mempersatukan semua unsur pemerintahan gampong. Mulai keuchik, sekdes, Kaur, Kasi dan Kepala Dusun, agar senantiasa berada dalam satu payung APDESI.

"Siapapun pengurus APDESI, kita minta mampu merangkul satu sama lain serta menghindari konflik," mintanya.

Muzakkar lanjutnya, karena saat ini pemerintah gampong telah diberi tanggung jawab besar, seiring dialokasinya anggaran atau dana desa yang diatur mekanisme. Maka, semua wajib dikelola sesuai aturan berdasarkan arah kebijakan pembangunan, mulai di tingkat pusat, provinsi, kabupaten hingga gampong dengan mengutamakan kepentingan masyarakat desa.

"Sesuai rencana kebijakan pembangunan di Kabupaten Bireuen, kita perlu sama-sama saling mendukung upaya meningkatkan ekonomi rakyat. Agar tingkat pengangguran dapat diturunkan, serta mengurangi angka kemiskinan. Ini patut jadi perhatian dan fokus untuk dilaksanakan," tegas Plt Bupati Bireuen Muzakkar.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru