Plt Gubernur Aceh Targetkan 5.000 Unit RLH Untuk Gayo Lues

BLANGKEJEREN - Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah menargetkan bantuan rumah sebanyak 5.000 unit tahun 2020 untuk Kabupaten Gayo Lues.  

Hal itu disampaikannya, Senin (20/01/2020) ketika meresmikan rumah layak huni sekaligus menyerahkan kunci dalam bentuk Styrofoam secara simbolis kepada Abu, salah satu warga Kampung Lukup Baru, Kecamatan Rikit Gaib, Gayo Lues, Aceh.

Penyerahan kunci ini secara simbolis disaksikan seluruh masyarakat setempat, dan suasana seketika itu haru, rasa syukur Pak Abu pun tak terbendung sehingga memeluk erat Gubernur Aceh, sebagai tanda rasa terima kasih yang mendalam.

Selain itu, Plt Gubernur juga mengatakan tingkat angka kemiskinan di Gayo Lues  masih tinggi, untuk itu diminta jangan ada rasa cemburu bila bantuan lebih ke Gayo Lues, ini dilakukan karena Gayo Lues masih tinggi tingkat kemiskinannya, maka kita harus adil," ujarnya.

Sementara, Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru saat dikonfirmasi menyampaikan, pada tahun 2020 bantuan rumah sebanyak 180 unit, karena menurut laporan yang diterima kata Bupati, ada 6 kontrak per kontraknya ada 10 unit, namun 1 kontrak gagal dikarenakan tidak ditemukan perusahaannya sehingga dari 60 yang direncanakan yang berhasil adalah 50 ontrak, kemudian 10 berikutnya dikontrakkan di tahun 2020.

" Calon penerima harus sesuai dengan kriteria ketentuan Peraturan Bupati (Perbup), yang pertama didata benar-benar masyarakat dhuafa, miskin dengan usia diatas 40 tahun, terkecuali disabilitas (cacat) itu boleh dibawah umur 40 tahun," sebut H Muhammad Amru.

Untuk cara pengusulan, tambah Amru, pertama melalui Kepala Desa (Kades) secara berjenjang ke Camat kemudian ada Perkim, Bupati dan langsung diteruskan ke Gubernur,"," jelas Amru. (Kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru