Pemutaran Premier Film "Smong Purba" Tahun 2019 Dihadiri Ratusan Siswa dan Guru

author photoRedaksi
1 Des 2019 - 18:00 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Ratusan siswa dan guru turut menghadiri Pemutaran Premiere Film "Smong Purba" dalam rangkaian agenda kegiatan Festival Sekolah Madrasah Aman Bencana Tahun 2019 yang berlangsung di Museum Tsunami Aceh, Sabtu (30 November 2019) malam.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD MPA yang diwakili oleh Kabid Program, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ir Sunawardi M Si dan Peneliti Paleo Tsunami Aceh, Nazli Ismail Ph D.

Disela-sela berlangsungnya kegiatan juga menampilkan Performers Art Music Etnic, Pan Jelatank dan Iive Achievent.

Ketua Yayasan Khadam Indonesia, Muhammad Iqbal mengatakan, kegiatan festival sekolah aman bencana yang sudah tahun ke dua berlangsung khusus akhir bulan Desember yang dalam rangkaian kegiatan malam pemberian anugerah diberikan kepada sekolah yang dibina oleh BPBA dan pemutaran film Aceh Dokumenter berdurasi 22 menit yang menceritakan tentang sejarah tsunami purbakala Tahun 7400-an lalu saat ditemukan lokasi Gua Erlente di Lhong yang langsung ditemukan oleh salah satu penemunya Nazli dalam perjuangannya selama 7 sampai 8 Tahun sehingga dapat memunculkan ke publik sehingga menjadi pusat perhatian masyarakat hingga saat ini.

"Tujuan kegiatan ini juga membangun kesiap siagaan bencana berbasis sekolah tingkat dilevel steak holder dan para pemangku kepentingan," ujarnya.

Selain itu, tiap-tiap sekolah juga diharapkan agar dapat menjadikan siswa dan siswi berperan aktif sebagai pilot siaga aman bencana yang sesuai dalam Permen Kemendikbud RI yang mengatur tentang SPHB dalam hal kesiapan siagaan bencana menyelamatkan generasi seluruh Indonesia.

Pemutaran Premier film ini juga diselenggarakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan BPBA menggelar Festival Sekolah Madrasah Aman Bencana Tahun 2019 yang berlangsung selama dua hari, Jum'at (29 - 30 November 2019).

Adapun seluruh rangkaian agenda kegiatannya meliputi, Simulasi Bencana, Pemutaran Film, Rangking 1, Pertolongan Pertama, Nuga Nuga, Cerdas Cermat dan Malam Anugerah.
(Ulan)
KOMENTAR