Kepengurusan APTI Gayo Lues Terbentuk

author photoKamsah
6 Des 2019 - 21:46 WIB

BLANGKEJEREN - Petani tembakau Kabupaten Gayo Lues membentuk kepengurusan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) cabang Gayo Lues di Gren Hotel Marmas Blangkejeren Jumat, (06/12).

Kegiatan ini dihadiri sekretaris dinas pertanian Kabupaten Gayo lues Edwar Canto, ketua APTI provinsi Aceh sukurdi.SK, perwakilan perusahaan STTC Saipul, Kabid perkebunan Riduansyah.Sp dan 150 orang petani tembakau dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Gayo Lues dan penyuluh Pertanian.

Tujuan dibentuk APTI tersebut untuk meningkatkan komunikasi antar petani tembakau di Gayo Lues, sebab Para petani pembudidaya tembakau lokasinya menyebar di berbagai desa dan saat ini luas tembakau di Gayo Lues mencapai 350 hektar.

Ketua APTI provinsi Aceh Sukurdi.SK mengungkapkan, dengan terbentuknya struktur kepengurusan APTI baru Cabang Gayo Lues diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menuju pembangunan agribisnis tembakau.

"Terbentuknya struktur kepengurusan APTI dapat membantu petani tembakau dalam meningkatkan penghasilannya, yang nantinya bisa berdampak terhadap pendapatan serta kesejahteraan petani tembakau. Giliranya masyarakat pertembakuan dapat lebih sejahtera," ujarnya.A

Langkah selanjutnya, APTI akan menjalin kerjasama dengan perusahaan tembakau serta menjalin dengan Dinas dan instansi terkait yang menangani pertembakauan. Khususnya dalam hal pengeloaan dana cukai tembakau. "Diharapkan petani tembakau dapat dilibatkan dalam "ujarnya. (Kamsah galus).
KOMENTAR