Pemerintah Aceh Peringati Upacara Hari Kesehatan Nasional 2019

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT yang diwakili oleh Asisten Admnistrasi Umum Setda Aceh, Bukhari sebagai Inspektur Upacara Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 55 yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Senin (12 November 2019).

"Momen kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari kesehatan Nasional Tahun 2019 ini juga mengangkat temanya "Generasi Sehat Indonesia Unggul" yang sebagaimana telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Menteri Kesehatan RI Periode 2020-2024," ujarnya Bukhari saat membaca sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

"Dalam kurun waktu 5 tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja Periode 2015 - 2019 telah berhasil menurunkan angka stunting hampir 10 persen", ujarnya. 

Oleh sebab itu, Pemerintah dalam Kurun lima Tahun mendatang akan terus memprioritaskan pada
pembangunan Sumber Daya Manusia. "Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan yang paling utama harus terselesaikan dalam prioritas
membangun SDM yang berkualitas, yaitu " Stunting" dan Jaminan Kesehatan Nasional".

Bukhari juga menyampaikan, isu kesehatan lainnya juga yang harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. 

"Hal ini nantinya akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk segera dapat diupayakan solusinya," ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif mengatakan, penguatan akses pelayanan kesehatan maupun penyediaan biaya jaminan kesehatan Nasional selama ini telah mengusung kegiatan promotif dan preventif.

"Beberapa program unggulan bidang kesehatan lainnya juga seperti, Germas atau "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat", PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan
keluarga" dan NS atau "Nusantara Sehat" patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan
dalam lima tahun terakhir ini kian dapat dirasakan manfaatnya bersama," ungkapnya.

dr Hanif berharap, seluruh responsif dalam penyelesaian memecahkan setiap adanya masukkan dapat selaras sesuai keinginan masyarakat dengan menyediakan obat dan
alat kesehatan produk lokal.

"Sebagai Generasi Sehat Indonesia Unggul juga kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul kedepannya," tambahnya. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru