Masyarakat Puitri Betung Terima Bantuan Bibit Jernang .

BLANGKEJEREN - Masyarakat Putri Betung yang tinggal di TNGL terima bantuan bibit Jernang . Bantuan berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayo Lues . Bantuan diberikan untuk memberdayakan Masyarakat di sekitar Hutan .  Bibit jernang diberikan langsung oleh Dirjen KSDA  dan Ekosistem Ir Wiratno Msc. Damping Oleh Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru dan Anggota DPRRI Salim Fahri. Pada Selasa 12/11/19 di Los Pasar Putri Betung. 

Kedatangan Dirjen KSDA Wiratno Ke Gayo Lues bertujuan untuk melakukan MoU antara KSDA Dengan Bupati Gayo Lues dalam melestarikan hutan di kawasan Taman Nasional Guning Louser serta hutan -hutan yang ada di Gayo Lues. 

Wiratno menyebutkan masyarakat boleh memafaatkan hutan yang ada di taman Nasioanal Gunung Louser . Dengan tanaman yang bisa melatarikan hutam juga bisa bermamfaat bagi pemberdayaan ekonomi Masyarakat di aekitar Hutan. Salah sataunya dengan budi daya jernang, kemiri dan tanaman lainya. 

Kadis Lingkungan Hidup Irwansyah mengatakan bibit  Jernang diberikan bukan saja pada 4 kelompok Tani yang ada di kecamatan Putri Betung. Tetapi diberikan juga kepada 3 kecamatan Lainnya seperti Blangkejeren. Dabun Gelang dan Blangpegayon. Bertujuan untuk memberdayakan ekonomu masyarakat yang tinggal di aekitar hutan .agar masyarakat tidak lagi menebang hutan tetapi bisa memafaatkan lahan lahan yang terlantar. 

H Muhammad amru  meminta masyarakat Putri Betung agar tidak resa lagi dengan Isu Relokasi pemukiman. Sudah ada ketentuan baru yang membolehkan masyarakat memamfaatkan TNGL sebagai tempat pemukiman dan tempat usaha. Bagaiman Hutan lestari masyarakatnya sejahterah. 
Bantuan jernang merupakan awal dari pemerintah daerah nanti untuk bantuan yang lebih besar diharapkan dari Kementriam kehutanan.

Pada kesempatan itu Amru juga berharap Anggota DPPRI Fahri agar bisa membantu masyarakat Putri Betung. Memberdayakan ekonomiinya. 

Fahri berjanji kepada masyarakat Putri betung akan memfasilitasi agar masyarakat Putri Betung Bisa mendapatkan bantuan bibit -bibit tanaman yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.  ( Kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru