Kelompok Tani Pijay Ikuti Lomba Asah Terampil Tingkat Kabupaten

author photoKherry Leib
17 Okt 2019 - 09:39 WIB

PIDIE JAYA -Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan  (Distanpang) mengadakan kegiatan Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT -PA) di komplek Kantor Pertanian Pidie Jaya, Rabu (16/10/2019).

Kepala Distanpang Pidie Jaya drh. Muzakkir Muhammad dalam laporannya menyampaikan, Lomba Asah Terampil merupakan suatu kegiatan untuk menguji tingkat pengetahuan dan ketrampilan para petani dalam menyukseskan budidaya pertanian di semua sektor.

"Guna menunjang pembangunan pertanian yang dilaksanakan secara bertahap, berkelanjutan dengan harapan dapat meningkatkan produksi mampu menerapkan tehnologi gitalisasi juga bisa menjadi petani yang handal," ujarnya.

Lomba Asah Terampil  diikuti para kelompok tani yang dibina oleh penyuluh di wilayah kerjanya masing - masing perlombaan ini bertujuan untuk merobah pola pikir dan pelaku agribisnis agar mampu mengadopsi perkembangan teknologi demi meningkatkan produksi pertanian dan dapat memanfaatkan sumber daya alam juga bisa menerapkan tehnologi demi peningkatan hasil pertanian nantinya.

Untuk mencapai tingkat produktivitas yang baik perlu didukung oleh pengetahuan  baik secara praktis maupun teoritis dalam hal  teknologi pertanian.
Penerapan inovasi baru juga  perlunya  pemahaman yang lebih  sehingga petani menjadi responsif terhadap teknologi tepat guna.

Menurut Muzakkir, perlunya dimiliki pengetahuan dan  keterampilan  oleh petani, sebab petani merupakan pelaku utama di sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan maka dilaksanakanlah suatu kegiatan yang diberi nama lomba asah terampil atau LAT -PA.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dihadapan para tamu yang hadir menyebutkan Sektor Pertanian merupakan Kontribusi yang sangat besar untuk kesejahteraan dan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD)

Selain pentingnya pengetahuan di bidang pertanian, kata Kadis, para petani hendaknya dapat menerapkan inovasi teknologi  dapat mengembangkan fungsi kelembagaan menjadi sebuah kelompok tani yang handal dan valid, memiliki kelayakan usaha dan mampu menyusun Rencana sehingga bisa menjadi petani yang sukses dan kreatif.

Acara Lomba Asah Terampil (LAT-PA) diikuti 120 orang peserta terdiri dari 72 Orang   kelompok tani 48 Orang merupakan penyuluh kegiatan para peserta berasal dari kelompok tani yang ada di kecamatan se Pidie Jaya.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, bagi kelompok yang menjadi juaran  disedikan hadiah dan bagi juara pertama akan mengikuti   perlombaan ditingkat  Propinsi pada Bulan November, tutup Kadis.

Lomba Asah Terampil Petani Aceh /LAT-PA peningkatan pengetahuan dan ketrampilan untuk menyukseskan Penas ke XV1 dibuka oleh asisten II  ikut dihadiri Kelompok tani dan penyuluh pertanian. (kh)
KOMENTAR