Kadisdik Aceh Launching Satu Kelas Satu Buku Karya Siswa

ACEH UTARA - Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD, MPA, melaunching "Satu Kelas Satu Buku atau SAKESAKU" karya siswa yang diprakarsai oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Muara Batu, Aceh Utara. Prosesi launching tersebut berlangsung, Selasa (29/10/2019), di sekolah setempat.

"Kegiatan ini sebagai pergerakan literasi sekolah. Gunanya agar lebih dapat meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan, khususnya layanan pendidikan berbasis literasi, dalam rangka membangun kualitas generasi Aceh dan kualitas pendidikan Aceh yang lebih baik," ujar Haji Nanda, sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.

Ia juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penelitian Programme for International Student Assesment (PISA) yang digagas oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

"Program internasional yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali ini bertujuan untuk memonitor literasi membaca, kemampuan matematika, dan kemampuan sains yang diperuntukkan siswa berusia 15 tahun dengan maksud mengevaluasi dan meningkatkan metode pendidikan di suatu Negara," katanya.

Maka dalam pelaksanaannya, lanjut Kadisdik Aceh ini, Indonesia menunjuk anak didik yang akan ikut tes ini secara acak dari berbagai daerah.

Untuk memperlihatkan bahwa tingkat literasi baik dalam membaca, matematika, maupun sains sudah baik, maka OECD memiliki standar rata-rata internasional skor 500.

Itu sebabnya, untuk meningkatkan minat baca-tulis perlu dimulai sejak dini dan yang paling utama dimulai dari lingkungan keluarga dengan sasaran literasi anak-anak usia dini.

"Sehingga menjadi suatu kebiasaan seiring pertumbuhan usia generasi sampai mereka dewasa. Kebiasaan yang telah melekat pada diri anak akan berlanjut ketika mereka memasuki sekolah, sehingga sangat terbantu dalam proses belajar mengajar di sekolah dalam memahami pelajaran dengan pengetahuan dan wawasan yang luas dari hasil membaca," tuturnya.

Sehubungan dengan peluncuran Gerakan Litwerasi sekolah, Kementerian dan Kebudayaan melalui permendikbud No. 21 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti, Dinas Pendidikan Aceh mendukung penuh program literasi yang dilaksanakan dilingkungan pendidikan seluruh Aceh.

Pada Kesempatan itu Kadisdik Aceh mengucapkan selamat kepada SMA Negeri 1 Muara Batu yang telah menghadirkan SAKESAKU (Satu Kelas Satu Buku), sebagai upaya untuk meningkatkan budaya baca-tulis di kalangan siswa.

"Dan terimakasih kepada IGI Aceh Utara dan Propinsi yang telah berkontribusi mendukung program literasi salah satunya menggagas program SAKESAKU ini, sehingga program ini telah dimulai oleh SMA Negeri 1 Muara Batu mulai dari tahun 2017 sampai saat ini, dan ditandai dengan lahirnya sejumlah buku karya siswa seperti yang kita saksikan hari ini. Semoga program ini tidak hanya produktif di SMA Muara Batu, namun dapat menjadi contoh dan diterapkan di sekolah-sekolah lain," imbuhnya. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru