HUT Bireuen Dimeriahkan Berbagai Penampilan Peserta Festival Karnaval

author photoM. Sulaiman
14 Okt 2019 - 04:21 WIB

BIREUEN - Pemkab Bireuen menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten HUT Bireuen Ke 20, pada Minggu 13 Oktober 2019, turut dilaksanakan kegiatan Festival Karnaval yang diikuti ribuan peserta, tergabung dalam 27 tim drumband dari berbagai sekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/SMK dan MA se Kabupaten Bireuen.

Sementara pada kesempatan tersebut Bupati Bireuen H. Saifannur S. Sos melepaskan peserta festival karnaval dan tim drumband bertepatan di depan Polsek Kota Juang di Jalan Laksamana Malahayati.

Pada penglepasan peserta festival Karnaval tersebut turut hadir Wakil Bupati Bireuen, Ketua DPRK Bireuen, Sekdakab Bireuen, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK dan sejumlah pejabat lainnya.

Namun para peserta festival Karnaval menggunakan berbagai busana dengan kreasi berbagai macam atribut mulai dari profesi dan juga mengenakan pakaian kreasi yang dibuat dari kertas koran, plastik, dan dedaunan hingga busana budaya khas nusantara dan kenderaan terhias.

Pada kegiatan festival karnaval tersbeut juga turut menampilkan Tim Barongsai binaan Yayasan HAKKA Aceh, Banda Aceh, terdiri dari 18 personil ikut menyemarakan kegiatan ini, dengan menunjukan atraksi kepada ribuan penonton yang memadati sepanjang jalan yang dilintasi peserta Karnaval.

Di tempat terpisah Panitia pelaksana kegiatan Karnaval. Zamzami S.Pd. Media ini menyebutkan, kegiatan ini digelar dalam rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Bireuen ke- 20 Tahun 2019.

Sementara itu dirincikan, peserta festival karnaval terdiri dari tingkat SMP 12 tim, MTs 3 tim dan SMA/SMK dan MA 12 tim. Sementara untuk festival drumband terdiri dari tingkat SD 4 tim, MtS 5 tim. SMP 5 tim SMK 3 tim dan SMK 3 tim.

"Panitia juga menyediakan hadiah bagi tim festival karnaval budaya, drumband dan kenderaan hias terbaik, untuk masing-masing jenjang sekolah, " sebut Zamzami.

Sementara Rute yang ditempuh peserta festival karnaval sejauh sekitar 2 km mulai dari Jalan Laksamana Malahayati di depan Polsek Kota Juang kemudian belok Jalan Tgk. Chiek Johan Alamsyah (jalan Langgar).

"Kemudian, jalan ramai melalui Jalan Mawar, Jalan Listrik dan Jalan Jati dan finish di Jalan Kolonel Hamzah Bendahara depan RSU dr. Fauziah,"  terang Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Bireuen tersebut.(MS) 
KOMENTAR