Walikota Banda Aceh Serahkan 1200 Paket Bantuan Persalinan T.A 2019 Secara Bertahap

author photoRedaksi
25 Sep 2019 - 06:30 WIB

BANDA ACEH - Walikota Banda Aceh, Ir H Aminullah Usman SE Ak MM menyerahkan langsung secara simbolis Bantuan Paket Persalinan Tahap Awal Tahun 2019 Program Pemko yang berlangsung di Halaman Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Selasa (24 September 2019) pagi. 

"Program bantuan paket persalinan tiap tahun ini sudah berjalan selama tiga tahun dengan harapan dapat membantu meringankan kebutuhan persiapan yang diperlukan memasuki usia kehamilan 7 bulan," katanya. 

Selain itu, Pemko Banda Aceh melalui Penyerahan Program Bantuan Santunan Kematian dan Bantuan Distabilitas juga sampai saat ini sudah mulai lanjut terus berjalan tiap tahunnya yang selanjutnya akan terus diserahkan sesuai PAD Kota Banda Aceh dengan harapan kedepannya akan ada peningkatan lebih sehingga semua program bantuan tersebut akan ada penambahan yang memadai lagi nantinya. 

Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, dr Warqah Helmi mengatakan, Program Bantuan Paket Persalinan Tahun 2019 keseluruhan sebanyak 1200 Paket yang akan diserahkan secara bertahap. 

"Tahun 2019, Penerima program bantuan persalinan tahap awal sudah diserahkan
sebanyak 513 paket sesuai kelengkapan  persyaratannya, khusus tahap kedua calon penerimaan paket persalinan dapat mendaftar sampai batas paling lambat Bulan November nanti, hingga saat ini sudah terdata sebanyak  76 orang untuk diproses lebih lanjut," ujarnya. 

dr Warqah menyebutkan, persyaratan penerimaan bantuan paket bersalin dengan membawa surat pengajuan kelengkapan seperti, surat permohonan diketahui oleh keuchik, Fotokopi Kartu Keluarga, KTP dan Buku Nikah (Suami dan Istri), Fotokopi Buku Kesehatan Ibu dan anak Hasil Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas serta surat keterangan telah menetap tinggal di Kota Banda Aceh selama satu tahun yang langsung dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Banda Aceh. 

"Penerimaan paket bantuan persalinan ini dikhususkan bagi keluarga tidak mampu dan tidak akan diberikan yang kepada profesi Pegawai baik instansi jajaran  BUMN/BUMD, TNI maupun Polri," ungkapnya lagi. 

Kegiatan ini juga dilanjuti dengan Temu Talk Show Kesehatan Curhat Langsung Bersama Kesehatan (CLBK) agar lebih masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi dan konsultasi yang terbaik sesuai dengan temanya, "Save Lives". (Ulan)
KOMENTAR