Ners Rosdiana Ketua Yayasan RAG Siap Membimbing di Pascarehabilitasi Setelah Program Rehabilitasi

author photoRedaksi
24 Sep 2019 - 23:04 WIB

BANDA ACEH - Ketua Yayasan Pascarehabilitasi Rumoeh Atjeh Gemilang (RAG) Ners Rosdiana SKM, S.Kep Narasumber TVRI di Suara Publik dengan Tema Pembinaan dan Pendampingan Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkoba Untuk Menjadi Pulih Dan Produktif.

Ners Rody Menjabarkan tentang Latar Belakang Terbentuknya Yayasan Rumoeh Atjeh Gemilang atas pertimbangan di wilayah aceh ini ada beberapa lembaga atau instansi rehabilitasi IPWL dan non IPWL untuk membimbing Residen/Klien menjadi pulih setelah selesai program rehabilitasinya,.

Sedangkan untuk pulih dan produktif membutuhkan lagi program pascarehabilitasi untuk memperkuat sistem bertahan hidup dan keterampilan kerja / life skill dalam bentuk vokasional, atas pertimbangan tersebut dari pihak RAG/Rumoeh Atjeh Gemilang mulai merancang yayasan pascarehabilitasi untuk membantu Residen/Klien  yang setelah selesai menjalani rehabilitasi menjadi pulih dan produktif.

Selanjutnya Bro daus membahas tentang Profil RAG/Rumoeh Atjeh Gemilang yang memiliki persiapan untuk Residen/Klien yang telah selesai program rehabilitasi untuk mengikuti program pascarehabilitasi. 
Dan di yayasan RAG menyiapkan program berbentuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam bentuk ke agamaan yang insyaallah akan mengutamakan life skill dalam bentuk vokasional untuk mempersiapkan klien agar lebih matang dalam menggapai/mencapai keinginan/cita cita untuk dapat pulih dan produktif dari ketergantungan narkoba.

Diakhir wawancara Bro Yaumil menjelaskan tentang  Bentuk Program
Program yayasan RAG/Rumoeh Atjeh Gemilang ada 4 aspek yaitu: Jasmani , Rohani , Sosial dan Keterampilan hidup. Yang tujuan dari jasmani dan rohani ini untuk meningkatkan kesehatan melalui olahraga dan pola hidup yang teratur. Selain itu juga untuk rohaninya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan perbanyak zikir dan mengaji.

Dan Untuk sosialnya meningkatkan sisi kehidupan sosial  berinteraksi dengan masyarakat  serta ikut terlibat gotong royong bersama masyarakat agar dapat menghilangkan stigma untuk korban penyalahgunaan narkoba dalam pandangan masyarakat.

Sedangkan tujuan dari keterampilan hidup untuk meningkatkan kualitas dalam keterampilan dengan proses Bimbingan dan pendampingan belajar keterampian untuk para Residen/Klien pada kegiatan vokasional seperti sablon baju, membuat gantungan kunci dan budidaya jamur merang dan vokasional lainnya bermitra dengan BNN, BLK, Dinsos dan Kamenag serta Badan Dayah.[]
KOMENTAR