Pantan Cuaca Kecamatan Terbaik tahun 2019 Sekabupaten Gayolues

BLANGKEJEREN – Kecamatan Camat Pantan Cuaca, ditetapkan sebagai Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Gayo Lues  2019, disusul Kecamatan Putri Betung  terbaik dua, Kecamatan Blangkejeren terbaik tiga dan Kutapanjang terbaik empat.

Penetapan ditandai dengan penyerahan plakat dan sertifikat Kecamatan terbaik pada malam resepsi HUT-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, Sabtu (17/8/2019) di Gedung Bale Musara Blangkejeren.

Kegiatan penilaian kecamatan merupakan bentuk  inovasi dalam melaksanakan evaluasi kinerja kecamatan oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. Aspek penilaian mencakup tugas dan fungsi Kecamatan sesuai peraturan  pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang kecamatan yang terdiri dari," penyelenggaraan sebagian wewenang bupati kepada camat dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah," kata Bupati

Dikatakan Bupati, dalam penilaian tersebut tidak kalah penting tata kelola administrasi baik dan pencapaian inovasi kecamatan dalam mewujudkan Gayo Lues  Islami, Mandiri dan Sejahtera. Salah satunya, terdiri dari penyelenggaraan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu, penyelenggaraan tugas lainnya yang dilimpahkan kewenangannya kepada camat.

Dan, pembinaan pengelolaan dana desa oleh kecamatan sangat menentukan  peringkat kecamatan terbaik, hal ini diukur dari jumlah rata-rata temuan administrasi dan keuangan oleh inspektorat di kampung-kampung dalam wilayah kecamatan masing-masing.

"Saya berharap, dengan penilaian kecamatan ini dapat memicu kecamatan untuk berlomba-lomba menyelenggarakan pemerintah di tingkat kecamatan terutama pembinaan pengelolaan dana desa dan menciptakan inovasi kecamatan yang bervariasi sesuai potensi kecamatan masing-masing.

Selanjutnya, Kabag Pemerintahan Setdakab Gayo Lues, Irwansyah, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai bentuk evaluasi pemerintah daerah kepada kecamatan.

Selain itu, kegiatan ini dipandang efektif memicu kecamatan dalam menyelenggarakan pemerintahan di tingkat kecamatan yang lebih baik, terutama meningkatkan pemahaman camat sebagai perwakilan pemerintah kabupaten di tingkat kecamatan, hal ini dapat dilihat meningkatnya koordinasi camat dengan Bagian Tata Pemerintahan, sehingga sinkronisasi penyelenggaraan pemerintah kabupaten dapat dicapai. Demikian Irwansyah.(kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru