Ners Rosdiana Bagikan Tips Penanganan Pertama Dari Dampak Penggunaan Narkoba

author photoRedaksi
2 Agu 2019 - 17:04 WIB

BANDA ACEH - BNN Prov Aceh Melalui Penyuluh P2M Ners Rosdiana SKM,S.Kep, Memberikan Motivasi Serta Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Warga Binaan Cabang Rutan Lhoknga Aceh Besar, Jumat (2/8).

Ners Rody selain memberikan Motivasi kepada warga binaan Cabang Rutan Lhoknga Juga memberikan sekilas penjelasan tentang bagaimana cara Penanganan Pertama Dari Dampak Penggunaan Narkoba Ketika melihat dan  menghadapi orang yang sedang dalam keadaan di bawah pengaruh dari penggunaan narkoba. 

Ners Rody memberikan beberapa tips untuk penanganan Narkoba, diantaranya:

1. Menggunakan air panas yang dimasukan ke dalam botol untuk meredakan sakit perut yang disebabkan akibat dari penggunaan narkoba, sehingga pengguna narkoba dapat merasa lebih baik.

2. Dilarang memberikan obat-obatan penghilang rasa sakit bagi orang di bawah pengaruh dari narkoba. Hal ini untuk menghindari kejadian fatal yang dapat menyebabkan kematian, karena pengguna sebelumnya telah menggunakan narkoba jenis obat yang dikonsumsi.

3. Sediakan kamar atau ruang kepada pengguna yang nyaman dan tenang. Orang yang baru saja melewati fase 'sakau' merasa nyaman dan mampu berpikir jernih. Hal ini sangat membantu dalam pemulihan.

4. Jika pengguna tidak dapat tidur, maka hendaklah menyediakan majalah, buku, radio, televisi atau sejenisnya yang dapat menjadi hiburan yang aman dan positif bagi pengguna. Agar dengan media tersebut dapat membantu pengguna tidur tanpa mengkonsumsi obat tidur.

5. Panggil tenaga profesional, seperti petugas kesehatan. Karena pengguna sangat membutuhkan hal tersebut dan agar penanganan menjadi tepat kepada pengguna yang sedang 'Sakau'. []
KOMENTAR