Wabup Bireuen Muzakkar Harapkan Semua Pihak Ikut Sukseskan Program KIA

BIREUEN- Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) meluncurkan program kartu identitas Anak(KIA), sebagai mehujudkan ketertibannya Administrasi Kependudukan di Wilayah Bireuen.

Peluncuran program Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai bentuk menjalankan amanat peraturan mentri dalam negeri nomor 2 tahun 2016 tentang kartu identitas anak, kegiatan Launcing tersebut dilaksanakan di halaman meuligoe Bupati Bireuen pada selasa (30/7/2019).

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bireuen Dr. H.Muzakkar A. Gani.SH.M.Si. pada Launcing Kartu Identitas Anak (KIA), merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah Bireuen dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan anak. 

Lanjutnya, KIA adalah salah satu bentuk perhatian keluarga ataupun orang tua terhadap anak dengan memberikan jaminan aspek legalitas hukum administrasi kependudukan, dengan segala manfaat yang dimiliki. 

Wabub Muzakkar mengharapkan dengan adanya KIA ini, akan memberikan dampak positif bagi anak-anak di Kabupaten Bireuen khususnya, sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah bagi anak saat melakukan pelayanan publik. 

"Setelah launcing kartu identitas anak di Kabupaten Bireuen, lanjut Muzakkar mengharapkan kepada kesemua pihak dengan secara bersama-sama peran aktif dalam mensukseskan program KIA," minta Wabup.

Sebelumnya, Kadisdukcapil Bireuen, Ir. M Jafar, MM mengatakan, penerbitan KIA ini dimaksudkan sebagai bentuk pengakuan Negara bagi warganya, karena KIA merupakan salah satu dokumen Negara yang diberikan kepada anak.

"Kartu Identitas Anak berisikan nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas diri lainnya," katanya.

Pemberlakuan KIA ini sendiri dibagi dua jenis, yaitu untuk 0-5 Tahun tanpa foto, dan berumur 5-17 tahun kurang 1 hari diterbitkan dengan menampilkan foto pemilik KIA. Apabila setelah berumur 17 tahun akan diganti dan diterbitkan KTP Elektronik sebutnya.

Kegiatan tersebut yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen ini, dirangkai dengan penyerahan KIA secara simbolis kepada murid Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar serta pelepasan balon ke udara dilakukan oleh Wakil Bupati Bireuen.(MS) 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru