Tips Aman Honda Naik Sepeda Motor Saat Mudik

author photoPutri Ulan Dari
3 Jun 2019 - 16:39 WIB

BANDA ACEH - "Mudik" atau perjalanan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama kelurga besar saat merayakan hari raya idul fitri merupakan suatu tradisi yang sudah sangat lama berjalan di indonesia, terutama bagi masyarakat rantau yang bekerja serta melakukan aktifitas di kota tentunya momen ini menjadi sesuatu yang ditunggu.

Tidak sedikit para pemudik di indonesia memilih sepeda motor sebagai salah satu transportasi alternatif saat hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, dengan pertimbangan lebih murah, simpel serta terkadang dengan maksud agar lebih cepat sampai ke tujuan menjadi alasan sebagian orang untuk melakukannya.

Menurut Reza Novendri selaku Instruktur Safety Riding resmi Honda dari PT. Capella Dinamik Nusantara yang merupakan main dealer sepeda motor Honda wilayah aceh, "Sebaiknya kalo ingin menggunakan sepeda motor dalam melakukan perjalanan mudik, pilih sepeda motor yang sudah teruji kualitasnya serta mempunyai fitur standar keamanan yang cukup baik, ini penting karena kebutuhan saat menggunakan sepeda motor dalam melakukan perjalanan mudik berbeda dengan penggunaan sehari hari, untuk itu kenderaan dituntut dalam keadaan prima serta memenuhi kriteria layak jalan demi keamanan &   keselamatan si pengguna".

Oleh karena itu ada beberapa faktor serta beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan  mudik menggunakan sepeda motor.

1. Faktor kenderaan, Pastikan sepeda motor sudah dilakukan pemeriksaan sebelumnya di bengkel resmi terdekat untuk menghindari segala kendala di jalan, Antara lain :
-  Kondisi fisik permukaan ban serta tekanan angin ban.

-  Fungsi kerja mekanisme rem depan & belakang.

-  Kelancaran gerak putar stang kemudi

- Pastikan seluruh fungsi dari lampu & klakson bekerja dengan baik.

- Kinerja mekanisme mesin, pastikan agar oli & seluruh filter dalam keadaan baik.

2. Faktor pengendara, Sebelum memulai perjalanan kita wajib memastikan kondisi fisik dalam keadaan fit serta stamina yang cukup, antara lain :

- Kondisi fisik pengendara dalam keadaan baik sehat jasmani & Rohani.

- Mengunakan perlengkapan berkendara sesuai kebutuhan seperti : Helm, Jaket, Sarung Tangan, Sepatu, masker bila diperlukan.

-  Membawa kelengkapan surat kenderaan (SIM , STNK)

- Jangan lupa membawa uang secukupnya untuk keperluan dijalan.

3. Faktor lingkungan, kita harus memahami kondisi aktual yang akan kita hadapi saat melakukan perjalanan mudik, adapun kondisi yang akan kita temui sebagai berikut :

- Segala bentuk kondisi jalan: Tanjakan,turunan,jalan rusak, sempit,licin,berpasir,hewan ternak dsb

- Segala bentuk kondisi cuaca : Hujan, panas, kabut, terang maupun gelap dsb

-  Pahami Segala bentuk marka & rambu lalu lintas yang wajib dipatuhi saat melintas di jalan raya.

Jika kita sudah lakukan dan pahami beberapa poin diatas, maka perjalanan mudik naik sepeda motor kesayangan anda sudah dapat dilakukan, sesuai rancangan nya sepeda motor cukup aman dikendarai oleh maksimal 2 ( dua) orang dewasa, serta tidak diperkenankan untuk membawa barang bawaan yang bobot serta dimensinya menggangu dari proses berkendara itu sendiri, sedangkan jika proses perjalanan mudik itu menempuh perjalanan yang relatif jauh ( Antar provinsi ) perlu persiapan khusus serta si pengendara wajib berhenti untuk istirahat sejenak apabila telah berkendara lebih dari 3 ( tiga ) jam, untuk selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan kembali ke tujuan  dengan #Cari_Aman Untuk Rayakan Kemenangan.
KOMENTAR