Puluhan Napi Rutan Lhoksukon Kabur dengan Mendobrak Pintu P2U

author photoRedaksi
16 Jun 2019 - 20:36 WIB

ACEH UTARA --- Aksi kabur massal terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Lhoksukon, Aceh Utara, Minggu (16/6/2019) sekiranya pukul 16:30 WIB.

Puluhan napi dan tahanan yang kabur dengan cara mendobrak pintu P2U serta melumpuhkan para petugas penjagaan baik sipir maupun dua personil polisi yang saat itu berjaga.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun redaksi, napi maupun tahanan yang kabur diperkirakan berjumlah sekitar 50-60 orang.

Selanjutnya para napi kemudian membuka pintu utama serta bersamaan kabur kearah jalan dan kemudian menghilang. Diduga aksi kabur puluhan napi maupun tahanan ini memanfaatkan suasana hari libur serta bertepatan saat pembagian jatah makanan untuk makan malam.

Amatan di TKP, puluhan personil polisi sedang berupaya melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap para napi yang kabur. Satu per satu dari mereka sudah berhasil ditangkap kembali.

"Ya bang ada keributan di rutan sehingga para napi kabur, namun sebagian sudah ada yang ditangkap kembali," ujar warga yang berada di lokasi.

Kakanwil Kemenkumham Aceh Agus Toyib yang dihubungi melalui handphone selulernya membenarkan adanya napi yang kabur dari rutan Lhoksukon.Namun dirinya belum dapat memastikan jumlah napi dan tahanan yang kabur karena masih dalam pendataan,disamping itu pihaknya telah meminta bantuan aparat kepolisian untuk mengejar para penghuni lapas yang kabur.

"Benar, mereka kabur memanfaatkan hari libur dan saya sudah minta aparat kepolisian dan petugas kita untuk menangkap kembali para tahanan dan napi yang kabur, soal jumlahnya saya belum dapat laporan karena masih dalam pendataan petugas kita ", jelas Agus yang mengaku dalam perjalanan menuju ke Rutan Lhoksukon dari Banda Aceh. (Red)
KOMENTAR