Senator H. Fachrul Razi MIP, Sosok Pemimpin Muda Aceh yang Cerdas

author photoCitizen Journalism
1 Apr 2019 - 13:33 WIB

oleh: Riski Syah Putra (Mahasiswa PSDKU Unsyiah Gayo Lues )

Sumber   daya   manusia merupakan   salah   satu   sumber  daya   yang   ada   dalam suatu daerah disamping sumber daya yang lain, misalnya modal, material, mesin dan teknologi. 

Dewasa  ini semakin   disadari   oleh  banyak  pihak   bahwa  dalam  memajukan   suatu  daerah, manusia  merupakan  unsur terpenting.  Hal ini karena  manusialah yang  mengelola  sumber daya lainnya yang ada dalam suatu daerah tersebut, sehingga menjadi bermanfaat dan tanpaadanya sumber daya manusia maka sumber daya lainnya menjadi tidak berarti. 

Mengingat bahwa  sumber daya   manusia   merupakan unsur   terpenting,   maka pemeliharaan  hubunganpemimpin yang kontinyu dan serasi dengan para masyarakat dalam suatu daerah menjadi sangat penting hal ini yang di lakukan oleh Bapak Fachrul Razi selaku Senator DPD RI. 

Fachrul   Razi   merupakan   politisi   yang   memiliki   tekad   untuk   memajukan   Aceh. Sebelum memasuki kancah perpolitikan Indonesia. Fachrul Razi lahir di Langsa, Aceh 6 Juni 1980.  Master  jebolan   Universitas   Indonesia  ini  telah   banyak  berkiprah untuk   daerahnya, seperti terlibat dalam gerakan Pramuka untuk menangani tanggap darurat saat gempa Gayo. 

Aksi   yang   digalang   tanpa   membedakan   suku   dan   lokasi,   Fachrul   bergerak   menerobos keisolasian Ketol untuk mengirimkan bantuan kepada para korban, begitulah Aksi solidaritas seorang Fachrul Razi. 

Kemudian kiprah politiknya Fachrul Razi diawali saat dirinya terjun sebagai BEM Universitas Indonesia, sementara diluar kampus, Fachrul Razi aktif juga di organisasi ekstra yakni HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) semasa S1 di Universitas Indonesia, dan baginya pengalaman sebagai aktivis inilah yang menjadi bekal tersendiri untuk terjun ke dunia politik. 

Fachrul Razi terjun ke dunia politik karena prihatin melihat nasib bangsa dan negara yangmakin terpuruk, oleh karnanya sebagai generasi muda punya tanggung jawab meluruskan politik untuk kepentingan rakyat dengan membenahi sistem dan merealisasikan program yang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia  pada provinsi Aceh.

Lebih   lanjut   senator   muda   ini   berkomitmen   dalam   mengembalikan   system perpolitikan Indonesia, karena   sudah melenceng secara teori, dan secara prakteknya juga tidak  sesuai dengan etika   bangsa Indonesia. 

Bahkan ada  yang  menghalalkan  segala cara untuk duduk di "Parlemen" dan tidak mewakili kepentingan rakyat melainkan kepentingan dalam struktur politiknya. Oleh  sebab itu Facrul Razi  memilih menjadi  senator DPD RI, karena tidak terikat kepentingan partai. Usaha dan harapan Fachrul Razi juga tercapai sebagai wakil ketua Komite I DPD RI berkat dukungan dan antusias masyrakat yang mendorong Razi sebagai Senator DPD RI. 

Sebelumnya Fachrul Razi juga telah aktif sebagai kader Partai Acehdan  sangat  memahami  Aceh  di  antaranya  MoU  Helsinki yang   menjadi pedoman   dirinya dalam membangun Aceh ke depan, dengan 3 Senator lainnya dari Aceh, Fachrul berharap setiap aspirasi yang datang dari Aceh dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah pusat sehinggadapat menjadi provinsi yang berkembang dan maju. Selanjutnya   untuk   menjadikan   provinsi   Aceh   agar   berkembang   dan     maju   tentu Fachrul   Razi   harus   bekerja   keras   dalam   mewujudkan   visi   misi   dan   program   kerjanya.

Program  kerja yang sudah terealisasi didalam menyongsong perubahan masyarakat aceh yaitu Perjuangan   Dana   Desa,   Pendirian   dayah,   Perjuangan   Anti   Korupsi   dan   Narkoba, Menyelesaikan MoU Helsinki, mendirikan SPMA dan yang lainnya , tentu hal ini lah yang dapat meningkatkan kualitas SDM dan memajukan daerah aceh. 

Kemudian komitmen Fachrul Razi kedepan akan terus memperjuangkan hak rakyat aceh , menampung dan merealisasikan aspirasi   masyarakat   juga   mengiplementasikan   program-program   kerja   pada   priode selanjutnya.

Fachrul   Razi   menyampaikan   pada   sebuah   kesempatan   ia   katakan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bermanfaat bagi orang lain dan Fachrul Razi juga   mengajak   generasi   sekarang   untuk   betbuat   baik   bagi   orang   banyak dengan mengaplikasikan ilmu-ilmu kepada masyarakat yang kita dapat di bangku sekolah, kuliah dan lainnya. 

Selain itu Facrul Razi selalu menawarkan gagasan baru, pikiran-pikiran baru dan ide-3
ide baru terhadap masyarakat agar masyarakat dan pemuda kususnya dapat berkretifitas danberinovasi.

Dari beberapa gambaran diatas dapat disimpulkan Bapak bahwa Fachrul Razi MIP merupakan sosok pemimpin muda Aceh yang cerdas dan berakal sehat didalam berpolitik dan beliau   akan terus memperjuangkan   Aceh,   meningkatkan  Kualitas   SDM   menjadi   SDM + (Plus)  karna   beliau   mampu  mengajak   masyarakat,  pelajar,  pemuda   dan  mahasiswa untuk berkretifitas dan berinovasi "Demi Aceh".

Dan sebagai  saran penulis terhadap Bapak Fachrul Razi MIP agar tetap konsisten didalam merealisasikan program kerja sesuai dengan apa yang telah dijanjikan. Dan harapan penulis  agar   Bapak   Facrul  Razi   dapat   Menjadi   Senator   DPD   RI   pada   periode  2019-2024 Aamiin.. wassala Terimakasih

Peserta No 1 Lomba Penulisan Opini Tentang Senator H. Fachrul Razi, MIP
Identitas Penulis 
Riski Syah Putra adalah putra Aceh penduduk desa Gumpang Lempuh, Kec.Putri Betung Kab. Gayo Lues, saat ini sebagai Mahasiswa ( PSDKU Unsyiah Gayo Lues ). WA/HP  : 0822 3762 3800/082213422164. E-mail : riskisyahputra.1995@gmail.com
KOMENTAR