Ners Rosdiana Isi Sosialisasi Bahaya Narkoba di Desa Gue Gajah

BANDA ACEH - Kepala BNN Prov Aceh Bpk Brigjen Pol Drs H.Faisal Abdul Naser MH Melalui Penyuluh P2M BNNP Aceh Ners Rosdiana SKM, S.Kep menghadiri undangan narasumber pada acara sosialisasi bahaya narkoba pada pemuda dan pemudi desa Gue Gajah Kec Darul Imarah Aceh Besar dengan Tema Narkoba Menghancurkan Masa Depan Bangsa, Selasa (20/11).

Pada Kesempatan ini Ners Rody Memaparkan Kalau Masa depan suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya. Jika pemudanya pandai dan mau berusaha maka masa depan negara tersebut terbilang dapat diharapkan. Cara pikir dan perilaku pun seiring dengan munculnya globalisasi maka akan semakin maju dan bersaing. 

Namun mirisnya akibat globalisasi yang tidak tersaring dengan baik, banyak hal - hal negatif yang akhirya merusak generasi remaja di Indonesia. 

Hal-hal negatif itu bisa datang dari internet maupun dari pasar bebas. Salah satu dampak dari globalisasi yang sangat membahayakan adalah narkoba. Karena narkoba mampu merusak pemikiran dan menghilangkan jati diri remaja tersebut. Namun tidak hanya karena globalisasi yang semakin marak, pergaulan dan lingkungan juga mempengaruhi bagaimana seorang remaja berperilaku. 

Lanjut Ners lagi, usia remaja merupakan usia yang sangat rentan terpengaruh oleh hal - hal buruk jika pergaulannya tidak dijaga. Karena secara psikologis usia remaja merupakan usia dimana mencari jati diri, labil dan mudah terpengaruh. 

Motif penggunaan narkoba pun juga beragam, mulai dari pergaulan yang tidak benar, pelarian dari permasalahan, dijebak bahkan hanya karena rasa penasaran ingin tahu akan rasa dari narkoba tersebut, tambahnya. 

Akhir - akhir ini marak berita tentang artis yang terjerat kasus narkoba. Motifnya pun beragam, mulai jadi pengedar, pecandu dan juga pengepul barang haram tersebut. Kebanyakan dari mereka tertangkap ketika sedang melakukan pesta narkoba. 

Ners Rody melanjutkan paparannya, Narkoba memang tidak mengenal umur. Bahkan jejaring pengedar narkoba pun dapat ditemukan di kelas Sekolah Menengah Atas. Lantas siapa yang harus disalahkan dalam hal ini? Pemerintah ataukah orang tua? 

Dalam menanggulangi permasalahan tersebut peran tenaga pendidik dan lingkungan yang baik juga sangat mempengaruhi bagaimana remaja itu akan bertindak. Pengetahuan mengenai bahaya narkoba tidak akan mempan tanpa adanya dorongan ataupun motivasi dari lingkungan untuk tidak melakukan hal tersebut. 

Namun nampaknya motif penggunan narkoba yang beragam menjadikan dilema masyarakat bagaimana cara menanggulangi narkoba yang benar. Meskipun terbilang sulit, pencegahan akan narkoba harus tetap dilakukan sedari dini. 

Mulai dari pengetahuan mengenai bahaya narkoba, berhati-hati dalam bergaul dan yang terpenting adalah kontrol dari sendiri untuk berusaha menahan diri agar tidak terjerumus untuk mencicipi barang haram tersebut, tutupnya. (*)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru