Habiskan Dana Milyaran, Poltekkes Aceh Beli Alat Praktikum Meja Virtual 3D

Ilustrasi Meja Virtual 3D
BANDA ACEH - Poltekkes Aceh melakukan pengadaan alat praktikum berupa meja Virtual Anatomi 3D dengan nilai Milyaran Rupiah. Sayangnya alat praktek tersebut hingga kini diduga belum digunakan oleh Mahasiswa.

Pembelian meja anatomi dibenarkan oleh PPK Poltekkes Aceh Jumadi. Menurutnya, meja tersebut dibeli pada tahun 2016.

"Benar kita melakukan pengadaan meja anatomi pada tahun 2016. Kalau berapa nilai kontraknya saya kurang ingat yang jelas Milyaran," ujarnya diujung telpon, Senin (19/11).

Tambahnya, pengadaan tersebut sesuai dengan pemintaan dari jurusan keperawatan.

Sementara itu, Ketua jurusan Keperawatan T. Alamsyah yang dihubungi via telepon genggam membenarkan kalau pengadaan meja anatomi tersebut karena permintaan pihaknya.

"Iya, memang itu permintaan kita untuk bahan praktek mahasiswa. Meja tersebut dapat digunakan oleh siapa saja mulai dari mahasiswa tingkat 1 sampai tiga," ujarnya.

Meja anatomi lebih digunakan oleh mahasiswa tingkat I dan II yang memiliki mata kuliah anatomi. Mata kuliah tersebut diajar oleh Dosen Anatomi.

Lanjutnya, untuk belajar Anatomi maka mahasiswa di daerah harus ke Kampus Poltekkes di Banda Aceh.

Salah satu mahasiswa Poltekkes Aceh yang minta namanya dirahasiakan mengatakan, kalau dia tidak tahu ada ranjang anatomi 3D tersebut. tahu aja tidak, bagaimana mau dipakai, katanya.

Penelusuran Atjeh Net di google, meja anatomi 3 dimensi (3D) merupakan alat super canggih yang memiliki banyak kelebihan. Perangkat meja anatomi virtual dengan menggunakan teknologi 3D ini bisa mereplikasi semua otot, pembuluh darah dan tulang pada tubuh manusia.

Dalam pertunjukan didepan mahasiswa pada salah satu universitas di Australia, dikatakan bahwa mahasiswa bisa melihat tubuh dari semua sudut yang mungkin dan menguliti lapisan kulit dan otot semudah menjentikan jemari tangan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas tersebut mengatakan teknologi baru ini akan memberikan mahasiswa kedokteran pemahaman yang lebih terintegrasi mengenai anatomi manusia. 

Berdasarkan website www.poltekkesaceh.ac.id, bahwa pendidikan yang dikelola oleh Poltekkes Aceh setingkat D3 dan D4, dalam deskripsi mata kuliah anatomi untuk D3 Keperawatan disebutkan bahwa pembelajaran anatomi untuk membuka pengenalan dan pemahaman mahasiswa dalam bidang anatomi dan fisiologi manusia maka focus awal kajian diarahkan pada gambaran umum mengenai anatomi fisiologi manusia saja. (*)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru