Bupati H Saifannur Resmi Buka Festival Parade Seni Budaya

BIREUEN– Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos resmi membuka kegiatan festival parade seni budaya yang digelar Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen. Bertujuan sebagai bentuk wadah melestarikan seni budaya. Agar generasi penerus masadepan tidak terpengaruh dengan budaya luar. Acara dilaksanakan Sabtu malam (3/11/2018) di halaman Meuligoe.

"Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen menggelar festival Parade Seni Budaya se Kabupaten Bireuen, kegiatan tersebut resmi dibuka Bupati Bireuen, H Saifannur. S. Sos tekat semangat juang seni budaya disetiap kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.


Dalam sambutan Bupati Bireuen, H Saifannur mengajak semua pihak untuk menyukseskan Festival parade seni budaya yang digelar DKA Kabupaten Bireuen, semoga mendapat hasil yang layak. Kita mengharapkan seni budaya Bireuen menjadi juara setingkat nasional.


Sebelumnya Ketua Dewan Kesenian Aceh.(DKA) Kabupaten Bireuen, H Mukhlis A.Md , menyampaikan dalam sambutanya menyebutkan, meski dirinya dengan kondisi kurang sehat, namun sebagai rasa tanggung jawabnya dia tetap pulang dari Malaysia ke Bireuen. Untuk menyukseskan festival parade seni budaya ini sebutnya.

"Lanjut H Mukhlis Kegiatan ini merupakan bertujuan untuk menggali kembali khasanah budaya Aceh yang semakin memudar, dengan harapannya para generasi muda kedepan dapat meneruskan kembali seni budaya tradisi Aceh tersebut,

kegiatan tersebut Dalam rangka peringatan HUT Bireuen ke-19, kami mengadakan dua kegiatan besar, lomba kesenian tradisi Aceh, pesertanya utusan disetiap kecamatan dalam Kabupaten Bireuen. Digelar 3-5 Novembet 2018," sebut Mukhlis.

Lanjutnya lagi, nantinya akan kita pilih 6 penyaji terbaik untuk mendapatkan thropy, piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi peserta festival parade seni budaya tersebut.

Sementara itu agenda kedua, yaitu Seminar khasanah seni budaya, akan dihadiri 250 peserta, yang dilaksanakan pada 5 November 2018 di Aula lama Setdakab Bireuen,

Pada acara festival parade seni budaya ini, dewan juri adalah Fikar W. Eda (penyair), Nur Mayda Atmaja (Ketua DKA) dan Ramdiana, S.Sn, M.sn, (Dosen Unsyiah). Sementara itu Dewan juri tersebut yang akan menilai para peserta festival parade seni budaya.

"harapan Ketua Dewan Kesenian Aceh. Kabupaten Bireuen, H Mukhlis kedepan kegiatan festival parade seni budaya ini, dapat menjadi agenda tahunan yang akan dilaksanakan setiap memeriahkan HUT Bireuen nantinya," tutup H Mukhlis.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru