Tim Cakra 19 Aceh Salurkan Bantuan Bibit Padi Unggulan, Begini Tanggapan Masyarakat Geumpang Pidie

PIDIE --  Masyarakat Petani Desa Pucok Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie. Sangat berterimakasih kepada Ketua Cakra 19 Aceh Relawan Jokowi serta rambongannya. Yang sudah datang secara langsung kedesa kami guna untuk membatu Bibit Padi Unggulan IF8 pada ini hari senin.(17-9-2018).

"Terimakasih Ketua Cakra 19 Aceh relawan Jokowi. Serta rembongannya yang sudah datang langsung ke desa kami untuk melihat kondisi kami petani dalam serba kekurangan. Namun dengan adanya bantuan bibit padi unggulan ini kami masyarakat petani sangat terbantu. Juga masyarakat petani Geumpang pidie sekali lagi kami masyarakat petani sangat berterimakasih kepada bapak Presiden Jokowi melaluwi tim Cakra 19 Aceh. Semoga kedepan bapak Jokowi dapat memimpin kembali Sebagai Presiden Republik Indonesia dua periode.

Cakra 19 Aceh Relawan Jokowi menyalurkan bantuan bibit padi unggulan IF8 kepada masyarakat petani di desa pucok kecamatan Geumpang kabupaten Pidie. Pada kegiatan tutung sawah, turut dilaksanakan doa bersama pada menjelang turun sawah (Khanduri Blang) tersebut.

"kegiatan tersebut turut dihadiri undangan masyarakat desa Pucok Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie dan melaksanakan Adat istiadat doa bersama saat menjelang turun kesawah.

Hal tersebut dilaksanakan semenjak turun temurun oleh seluruh lapisan masyarakat geumpang saat mereka memulai turun kesawah. Menurut masyarakat geumpang khanduri blang tersebut. Merupakan tradisi membawa berkah serta melahirkan silahturrahmi yang kuat antara sesama warga desa. 

Dan mereka melakukan masakan bersama-sama dan sebahagian masyarakat menghidangkan menu makanan untuk tokoh agama, tokoh masyarakat yang hadir. Karena setelah selesai doa bersama mereka mencicipi masakan yang telah disediakan. Acara tersebut sering dilaksanakan pada saat turun sawah, 

Ketua Cakra 19 Aceh  Gumarni juga dapat undangan dari tokoh desa setempat, Dalam kunjungan tersebut Gumarni menyerahkan 200 klg bibit padi unggul IF8 yang dibelikan langsung dari  Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Indonesia (AB2TI) Bogor,

bibit tersebut di belikan oleh Donatur untuk mendukung kesuksesan kegiatan Cakra 19 Aceh dalam memperjuangkan kemenangan bapak Jokowi 2019 nanti. kata Gumarni saat menyampaikan pada warga geumpang bibit padi IF8 tersebut telah berhasil dikembangkan tahun 2017 di desa Meunasah rayok kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. 

Ubinannya telah di uji oleh penyuluh pertanian Kecamatan Nisam ternyata masyarakat petani mendapat hasil sangat memuaskan dalam satu hektar hasil panen 11 ton 400 klg. kunjungan Cakra tersebut turut didampingi oleh wakil ketua DPRA bapak Sulaiman Abda.

Dalam temu ramah dengan warga mengatakan semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi warga geumpang dan juga selaku wakil rakyat mengucapkan terima kasih kepada tim Cakra 19 Aceh yang telah datang dan mau mengantarkan bibit padi kedaerah pedalaman ini. 

Kepala desa pucok, Khaidir turut hadir pada kegiatan tersebut dan menyaksikan langsung penyerahan bibit padi tersebut sambil berharap pemerintah daerah dan pemerintah provinsi Aceh memprioritaskan jalan serta irigasi pada masyarakat geumpang,

Selama ini jika masyarakat petani saat panen padi jalan menjadi penghambat utama yang membuat petani terhambat menjual padi kepasar. Sedangkan irigasi juga sangat dibutuhkan faktor air kurang stabil untuk mengolola sawah sehingga petani daerah ini sering gagal panen terangnya. (MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru