IPANI Cabang Aceh Adakan Workshop Low Birth Weight Management and Neurodevelopmental Care

ATJEH NET, BANDA ACEH - Ikatan Perawat Anak Indonesia (IPANI) Cabang Aceh adakan kegiatan seminar dan workshop yang dibuka langsung oleh Direktur RSUDZA Banda Aceh, Dr dr Azharuddin Sp OT KSpine, yang berlangsung di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh, Sabtu (14 Juli 2018).

Kegiatan ini juga mengangkat tema "low birth weight management and neurodevelopment care", yang diikuti sebanyak 60 peserta perawat bersama bidan berdomisili Provinsi Aceh.

Wakil Ketua Panitia Penyelenggara, Rosni SKM CT menjelaskan, tujuan acara untuk meningkatkan kemampuan perawat anak yang ada di Aceh saat bekerja di Ruang NICU, IGD dan Ruang Perawat Anak di rumah sakit.

"Bagaimana merawat bayi-bayi yang memiliki berat badan lahir rendah, tujuannya berusaha menekan angka kematian bayi seperti yang diharapkan oleh Pemerintah. Semua perawat dan bidan mendapatkan ilmu khusus tentang perawatan bayi, ini yang pertama kali di Aceh", ujarnya.

Sementara itu, Ns Sri Intan Rahayuningsih menambahkan, pihaknya akan melakukan proses registrasi atau pendataan terhadap perawat dan bidan, khususnya perawat anak profesional sehingga bisa mengetahui kebutuhan, dan apa yang perlu dilengkapi.

"Target kita juga untuk dapat mengurangi angka kematian bayi sesuai MDGs (Millennium Development Goals), karena selama ini angka kematian bayi sudah berkurang, namun belum sesuai target," ungkapnya.

Forum perawat anak ini diharapkan, kita bisa saling sharing ilmu bersama dengan mengupdate ilmu pengetauan, serta apa skil-skil yang harus dicapai sesuai perkembangan dunia keperawatan dibidang kesehatan saat ini, katanya Intan.

Adapun narasumber pembicara seminar hadir diantaranya, dr Isra Firmansyah SP A (K), Ns Sri Intan Rahayunungsih M Kep Sp Kep An, Susi Hartati Ns Sp Kep An, Deya Prastika, MNS RN, Ramlah SST, Amrina Amd Keb, Lis Afrizarni SST M Kes dan Fauziah Amd Keb membahas tentang Neonatal Care With Inkubator dan Positioning and Investing in Neonatal Care.

Acara dilanjuti pelantikan pengurus Ikatan Perawat Anak Indonesia (IPANI) Cabang Aceh oleh Sekjen IPANI Pusat  Ns Susi Hartati Sp Kep An. Adapun ketua terpilih untuk periode 2018-2023 yakni Ns Sri Intan R, M Kep S Kep An yang juga Dosen Fakultas Keperawatan Unsyiah dan Konsultan di RSUZA. (Ulan)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru