Robi Sugara: Peran Pemuda Penting untuk Desa

BIREUEN --- Pemuda  adalah tokoh yang memiliki jiwa revolusi yang suka akan perubahan, dan yang pastinya masih penasaran denggan dunia, sehingga jika kita lihat ide-ide yang di hasilkan oleh pemuda sangat cemerlang, dan mampu membawa kemajuan untuk suatu Desa tenpat tinggalnya bahkan peran pemudalah yang dapat membawa desanya bisa bersaing denggan Desa-desa lainya. 

Demikian disampaikan Robi Sugara, Alumni Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) Bireuen yang juga mahasiswa di Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Senin 21 Mei 2018.

"Namun sangat disayangkan pada kenyataanya tidak jarang sekarang  ini banyak dari kita yang  tidak memikirkan  masa depan masyarakat di dekat  kita," kata Robi. 

Menurutnya pemuda  pernah ikut dalam memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar kita, bahkan terkadang ada juga yang memiliki ilmu dan wawasan tapi dia enggan untuk menyalurkaanya di Desanya sendiri. 

"Orang-orang yang seperti ini kita rasa  perlu  di ragukan bahkan mungkin dapat di cek kembali tentang pengakuanya tentang pemuda," jelasnya. 

Lalu bagai manakah seharusnya?. Menurutnya, Tentu saja selaku pemuda harus mengambil peran terhadap lingkungan kita. "Peran pemuda adalah teruslah kita galih  ilmu dari mana pun, namun kemudian jangan lupa ilmu yang telah kita dapatkan bawalah kembali ke Desa tempat tinggal kita untuk di sampaikan atau di aplikasikan kepada masyarakat, kenapa harus seperti ini? Tentunya agar ilmu yang kita miliki tidak  semata-mata hanya mencari harta tapi bagaima caranya ilmu itu bermanfaat bagi orang banyak agar menjadi amal bagi diri kita," tegasnya.

"Kemudian selanjutnya peran kita pemuda adalah harus bisa mengawasi pemerintahan desa dalam mengambil kebijakan, kenapa demikian?" tanyanya. Karna kerap kali masyarakat desa itu acuh terhadap pembangunan Desa bahkan tidak memperdulikan bagaimana kondisi desanya, tentunya hal ini bisa menjadi peluang kejahatan bagi pemerintahan Desa, jadi dengan keberadaan pemuda yang kritis itu akan bisa mengurangi hal-hal yang seperti itu. 

"Dengan hal tersebut maka para pemuda marilah kita rubah cara berfikir kita untuk peka terhadap perkembangan sosial lingkungan di sekitar kita dan yang sangat penting adalah pembangunan desa kedepan sangat tergantung pada peran pemuda," tegasnya. Mau dibawa kemanakah desa itu juga tergantung kepada pemuda. (r)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru