Menyambut Bulan Suci Ramadhan Qhumaini Ramazan Borong Empat Juara

author photoRedaksi
24 Apr 2018 - 21:27 WIB

BIREUEN --- Qhumaini Ramazan memborong empat juara pada acara perlombaan hafalan bidang keagamaan yang digelar para pemuda Gampong Dayah Panjoe, kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, perlombaan di tingkat SD/MI kelas I-3, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, di komplek meunasah desanya, sejak 13 April lalu dan berakhir Sabtu (21/4/2018) malam.


Empat juara yang diborong oleh Qhumaini dalam lomba yang bertemakan, Menggali potensi putra putri Desa dayah Panjoe yang islami dan menyatukan langkah membangun generasi qurani menuju insan yang lebih baik' tersebut, adalah, pada cabang, bacaan shalat dan qunut, azan dan doa sesudah azan, bacaan sifat 20 dan ayat pendek serta pidato.

"Berdasarkan keputusan dewan hakim Qhumaini Ramazan meraih empat juara dan dalam setiap mata lomba tersebut dia mengumpulkan nilai tertinggi dari peserta lain," kata Tgk Imum (imam) gampong Dayah Panjoe, Tgk Rasyidi, kepada Media ini, disela-sela pengumuman dewan hakim,

Selain itu, lanjut Tgk Rasyidi, juga berdasarkan keputusan dewan hakim, yang banyak menyebet juara satu lainnya tingkat SD/MI kelas 4-6, adalah, Kharunnisa, dia membawa pulang piala dan uang pembinaan pada tiga cabang, yakni, cabang, bacaan shalat dan doa qunut, cabang bacaan sifat 20 dan ayat pendek dan pada cabang lomba pidato bebas, Selasa.(24/42018).

Kemudian, tingkat SMP/MTs yang memborong tiga juaranya, yakni, Lisaul Fitri, masing-masing pada cabang, bacaan shlat dan doa qunut, bacaan shlat jenazah dan sifat 20 dan juara dua cabang pidat.

Tingkat SMA/MA yang paling banyak mendapat juaranya, adalah, Riska Zikriana, yakni, juara satu pada cabang bacaan shalat dan doa qunut, juara satu cabang bacaan shalat jenazah dan sifat 20.

Adapun data lengakap para juara lomba yang baru pertama diselenggarakan para pemuda gampong tersebut, tingkat SD/NI, cabang bacaan shalat dan doa qunut, juara I, Qhumaini Ramazan, juara dua Nurul Alia Natasya, juara tiga Khairul Amar.
[CUT]
Katagori bacaan sifat 20 dan ayat pendek, juara satu, kembali didapatkan, Qhumaini Ramazan, juara II, Khairil Amar, juara III Gadis Amalia.


Katagori lomba azan  dan doa sesudah azan, juara I juga kembali didapatkan, Qhumaini Ramazan, juara II diperoleh Khairil Amar dan juara III didapatkan Zaidil Khair.

Sedangkan untuk katagori lomba pidato bebas, Qhumaini Ramazan juga kembali mendapatkan juara I, juara II didapatkan, T Evan dan juara III diperoleh Gadis Amalia. "Dua belas orang tingkat SD/MI kelas 1-3, juara harapan," sebutnya.

Adapun para juara tingkat SD/MI kelas 4-6, katagori bacaan shalat dan doa qunut, juara I, Khairunnisa, juara II Shahira Aulia, juara III Azkia. Lalu, katagori bacaan sifat 20 dan ayat pendek, juga didapatkan oleh tiga orang yang sama dan juga tingkatan yang sama juga.

Lalu, katagori azan dan doa sesudah azan, juara I, Mustawal fata, juara II M Izan dan juara T Rahzy Siddiq.

Kemudian katagori pidato bebas juara I kembali didapatkan, Khairunnisa, juara II Addina Inayatillah dan juara III kembali didaptkan Mustawal Fata. "Untuk katagori ini 13 orang peserta mendapat juara harapan," kata Tgk Imum.

Adapun nama para juara tingkat SMP/MTs, katagori bacaan shalat dan doa qunut, juara I didapatkan, Lisaul Fitri, juara II Aulia Rahmat dan Farah Nabila hanya mendapatkan juara III.
[CUT]
Lalu katagori bacaan shalat jenazah dan sifat 20, juara I kembali Lisaul Fitri, juara II diraih, Herianda dan juara III didapatkan, Abdul Razak. Untuk katagori lafal azan  dan doa sesudah azan, juara I didapatkan. Aulia Rahmat, juara II diperoleh Farhan dan juara III didaptkan, Abdul Razak.


Untuk katagori bacaan shlawat tarawih dan doa kamilin, juara satu didaptkan, Abdul Razak, juara II Aulia Rhmat dan juara III M Raiyan. Katagori pidato bebas, juara I didapatkan, Aulia Rahmat, juara II Lisaul Fitri dan juara III diraih Farhan. "Pada tingkat SMP/MTs tujuh orang hanya mendapat juara harapan bersama," ujar Rasyidi.

Adapun nama-nama juara tingkat SMA/MA, pada katagori bacaan shalat dan doa qunut, juara I diraih Riska Zikriana dengan mengumpulkan nilai 78, juara dua dipatkan, Annisa Ariska, Azahra, juara III diperoleh Ikram. Untuk katagori bacaan shalat jenazah dan sifat 20 juara I didapatkan, Annisa Ariska Azahra, juara II didaptkan, Ikram. Katagori Lafaz azan dan doa sesudah azan, juara I didaptkan Ikram dan juara dua diraih M Alif Pratama.

Adapun katagori pidato bebas, juara I didapatkan, Rizka Zikriana, Juara dua M Alif Pratama dan juara III didaptkan Ikram. "Untuk tingkat ini hanya seorang juara harapan," tambah Rasyidi.

Tgk Imum meunasah Gampong Dayah Panjoe, mengatakan, lomba-lomba hafalan yang diselenggarakan para kaum muda, akan dijadikan sebegai kalender tahunan dan kekurangan atau yang belum sempurna pada kesempatan ini akan diperbaiki pada pelaksanaan mendatang dan mengenai hasil penilain murni hasil penilaian dewan hakim serta para dewan juri yang sudah berpengalaman dari kampung tetangga, tidak ada intervensi sedikitpun dari siapanpun dalam penilain ini. 

"Dewan juri yang menilai peserta lomba adalah, Dedi Miswar, ibu Salma Amin (qari kabupaten) dan Rukiah, semua dewan juri berasal dari kampung tetangga Gampong Babah Jurong dan sudah berpengalaman," jelasnya.

Tambahnya, acara lomba akan ditutup dengan mengadakan dakwah islamiyah Minggu (22/4/2018) malam, dengan pembicaraan tunggal, Tgk Nasruddin Judon alias Abi Nas dari Jeunieb. "Semoga dengan dakwah yang disampaikan Abi Nas dapat menambahkan motivasi generasi Islam, khususnya di gampong kami,"harap Tgk Rasyidi.

Ketua Pemuda Gampong Dayah Panjoe, menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada para juara lomba hafalan keagamaan yang didampingi orangtua/wali masing-masing, pada malam pembagian hadiah di komplek meunasah gampong tersebut. (MS)
KOMENTAR